IWD 2020: AKBP Ganis Setyaningrum, Saatnya Perempuan Bersuara

Perempuan pun punya kesempatan bersuara karena #EachForEqual

Memeringati International Women's Day yang jatuh di bulan Maret, IDN Times menggelar acara dengan tema #EachForEqual. Diselenggarakan di kantor IDN Media Creative Lab Surabaya pada 7 Maret 2020, acara ini menghadirkan Tri Rismaharini selaku walikota Surabaya dan lebih dari 20 pembicara wanita inspiratif di berbagai bidang yang akan menceritakan perjuangan masing-masing dalam mewujudkan #EachForEqual.

Salah satu pembicara yang hadir adalah Kapolres Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum S.Si.,M.H. 

1. Berbicara tentang International Women's Day atau disingkat dengan "IWD", perlu sekali untuk dirayakan oleh seluruh perempuan di dunia termasuk Indonesia

IWD 2020: AKBP Ganis Setyaningrum, Saatnya Perempuan BersuaraIDN Times/Abraham Herdyanto

IWD atau International Women's Day merupakan sebuah peringatan seluruh dunia mengenai perjuangan perempuan dalam berperang melawan ketidak setaraan. Banyak sekali kasus-kasus yang melibatkan perempuan seperti penindasan, pelecehan, dan diskriminasi yang menimbulkan berbagai masalah sosial. Selain rasa takut sebagai korban juga mendapat tudingan "bersalah" dari masyarakat menjadi penyebab bagaimana mulusnya masalah tersebut terjadi.

Menanggapi hal ini, AKBP Ganis Setyaningrum pun berpendapat bahwa perempuan wajib menyuarakan haknya karena semua memiliki hak untuk berbicara tanpa terbatas gender.

2. IWD by IDN Times dengan tema #EachForEqual ini merupakan momen bagi perempuan untuk bersuara

IWD 2020: AKBP Ganis Setyaningrum, Saatnya Perempuan BersuaraDok. Pribadi/ Ajeng Adinda Putri

"Hari Perempuan Internasional merupakan momentum kebangkitan perempuan untuk mengambil bagian di setiap sektor dalam pembangunan Indonesia", tegas Kapolres Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum S.Si.,M.H.

Ia menjelaskan bahwa IWD selayaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi perempuan untuk bersuara sehingga mereka bisa menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik dan bermanfaat.

3. Saatnya perempuan bersuara dan memperjuangkan haknya. Bukan sebagai rival kaum lelaki untuk menjadi eksklusif, akan tetapi menjadi setara

IWD 2020: AKBP Ganis Setyaningrum, Saatnya Perempuan BersuaraDok.Pribadi/ Elissa Febriani

Lebih lanjut, AKBP Ganis Setyaningrum juga berpendapat bahwa dengan menyuarakan pendapatnya, maka tak lantas membuat perempuan merasa "lebih" dari laki-laki sehingga terkesan arogan. 

"Kita semua setara," pungkasnya.

Acara International Women's Day bertema#EachForEqual merupakan pertemuan independen yang diinisiasi oleh IDN Times sebagai komitmen untuk mengapresiasi para perempuan yang memperjuangkan kesetaraan hak di berbagai bidang.

Dalam acara yang disponsori oleh PT. Petrokimia Kayaku dan Indofood ini, para pembicara juga akan membentuk jejaring perempuan profesional lintas profesi sehingga bisa menimbulkan semangat para Millenials yang hadir untuk berkarya di bidang yang digeluti.

Maju terus perempuan Indonesia!

Baca Juga: IWD 2020: AKBP Ganis Sebut Wanita Harus Berperan dalam Pembangunan

Ajeng Adinda Putri Photo Writer Ajeng Adinda Putri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya
  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya