Berlaku Hari Ini, Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk Area GBK!

Seluruh pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Pengurus Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) melarang ibu hamil dan anak-anak masuk ke kawasan kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Direktur Utama PPKGBK Winarto mengatakan, kebijakan tersebut diambil setelah pengelola menemukan masih banyak pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Dalam pengamatan kami, yang datang ini tidak bermaksud olahraga, tapi piknik. Mereka banyak yang membawa anak, bayi, dan kereta dorong. Mungkin hanya sekitar 40 persen yang betul-betul berolahraga,” kata Winarto seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/6).

Ia menjelaskan, situasi tersebut sering terlihat di sekitar ring road GBK. Padahal protokol kesehatan telah ditetapkan sejak kawasan GBK dibuka kembali pada Jumat (5/6) lalu.

1. Ibu hamil dan anak-anak masuk ke kategori kelompok rentan terpapar COVID-19

Berlaku Hari Ini, Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk Area GBK!(Pengunjung berada di luar pintu pelataran menuju ke Gelora Bung Karno) IDN Times/Arief Rahmat

Ia menjelaskan, keberadaan ibu hamil dan anak-anak membuat pengelola GBK risau. Sebab, mereka masuk ke dalam kategori kelompok rentan terpapar COVID-19.

"Ini membuat risau, maka ibu hamil, bayi dan anak-anak di bawah usia 12 tahun akan kami cegah masuk ke dalam karena rawan," tuturnya.

Ia mengatakan, keputusan untuk melarang ibu hamil dan anak-anak masuk ke kawasan GBK sesuai dengan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Baca Juga: GBK Masuk Nominasi Stadion Terbaik Asia Tenggara Versi AFC

2. Per hari ini, ada beberapa penyesuaian kebijakan untuk pengunjung GBK

Berlaku Hari Ini, Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk Area GBK!(Situasi Gelora Bung Karno usai dibuka untuk digunakan warga berolah raga) IDN Times/Arief Rahmat

Selain melarang ibu hamil dan anak-anak di bawah usia 12 tahun, pengelola juga telah menetapkan kebijakan baru agar masyarakat bisa tetap aman dan nyaman berolahraga di kawasan GBK. Peraturan tersebut berlaku sejak hari ini, Jumat (19/6).

Jam operasional GBK dimulai pada pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB. Untuk akses masuk, pengunjung bisa melalui Pintu 6 dan Pintu 10.

"Untuk kendaraan bermotor roda empat diarahkan untuk parkir di Parkir Timur dan Parkir Selatan, sedangkan kendaraan roda dua diarahkan untuk parkir di halaman Istora dan Stadion Akuatik," ujarnya.

Selanjutnya, akses keluar untuk seluruh kendaraan diarahkan melalui Pintu 8.

3. Area ring road hanya untuk pejalan kaki, jumlah pengunjung pun dibatasi

Berlaku Hari Ini, Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk Area GBK!(Warga antre untuk masuk ke Gelora Bung Karno untuk berolah raga di masa pandemik) IDN Times/Arief Rahmat

Area ring road Stadion Utama GBK hanya diperuntukkan kepada pejalan kaki. Penggunaan sepeda, skateboard, scooter, dan stroller tidak diperbolehkan.

Untuk akses masuk area  Stadion Utama GBK hanya melalui Pintu A yang akan dibuka-tutup secara berkala. Sedangkan akses keluar melalui Pintu D, Pintu E dan Pintu G.

"Jumlah pengunjung ring road Stadion Utama GBK pun akan dibatasi secara bergiliran dengan jumlah pengunjung maksimal 1.000 orang dan waktu maksimal satu jam per shift," ujarnya.

4. Seluruh pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku

Berlaku Hari Ini, Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk Area GBK!(Pengelola Gelora Bung Karno menyediakan tempat untuk cuci tangan) IDN Times/Arief Rahmat

Seluruh pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Antara lain pengecekan suhu tubuh di pintu masuk utama dan ring road, cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak fisik minimal 2 meter, dan tidak bergerombol.

"Dengan kebijakan baru ini diharapkan masyarakat bisa tetap berkegiatan di GBK dengan aman.” katanya.

“Kami belum berpikir untuk menutup lagi (GBK), tetapi kalau diperlukan kami akan tutup,” tutup Winarto.

Baca Juga: [FOTO] Kembali Dibuka, Warga Datangi GBK untuk Berolahraga

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya