Comscore Tracker

Gak Libur, 318 Disdukcapil Lembur demi Rekam E-KTP untuk Pilkada 2020

Perekaman E-KTP sudah mencapai 98 persen

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 318 dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) di daerah tetap melayani administrasi kependudukan pada libur panjang akhir pekan ini. Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa kegiatan lembur tersebut sebagai salah satu langkah menyukseskan Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember 2020 mendatang.

Menurut Zudan, selama dua hari terakhir, dari 318 Disdukcapil daerah tercatat sebanyak 10.276 warga direkam datanya hingga print ready record (PRR). Sedangkan, sebanyak 34.551 KTP elektronik (E-KTP) dicetak serta dibagikan di tempat.

"Selain mengejar cakupan kepemlikan E-KTP yang lebih tinggi, pelayanan 'jebol' perekaman data E-KTP langsung cetak ini dihelat demi menyukseskan pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (30/10/2020).

1. 318 Disdukcapil juga lakukan pelayanan jemput bola

Gak Libur, 318 Disdukcapil Lembur demi Rekam E-KTP untuk Pilkada 2020Ilustrasi E-KTP. IDN Times/Asrhawi Muin

Zudan mengatakan, pada hari libur 28-29 Oktober 2020, 318 Disdukcapil juga melakukan pelayanan jemput bola (Jebol) ke masyarakat untuk melakukan perekaman data E-KTP.

"Sekaligus mencetak data print ready record (PRR) menjadi E-KTP dan langsung diterima masyarakat saat itu juga," katanya.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Disdukcapil Sleman Maksimalkan Posko Rekam E-KTP

2. Perekaman E-KTP sudah mencapai 98 persen dari 192 juta penduduk wajib KTP

Gak Libur, 318 Disdukcapil Lembur demi Rekam E-KTP untuk Pilkada 2020Ilustrasi e-KTP (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Zudan menjelaskan, saat ini cakupan perekaman E-KTP mencapai 98 persen atau 189.676.771 jiwa dari 192 juta penduduk wajib KTP.

"Untuk mengejar target cakupan perekaman yang lebih tinggi, para Kadis Dukcapil berbondong-bondong menyambut seruan pimpinan mereka dengan semangat militansi oleh segenap aparatur Dukcapil," jelasnya.

3. 20 Disdukcapil dengan transaksi pelayanan tertinggi

Gak Libur, 318 Disdukcapil Lembur demi Rekam E-KTP untuk Pilkada 2020Ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Zudan juga mencatat 20 Disdukcapil kabupaten/kota dengan transaksi pembuatan akta, KK, surat pindah, perekaman dan pencetakan E-KTP tertinggi.

"Masing-masing adalah Disdukcapil Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bengkalis, Tanjung Jabung Timur, Tulang Bawang, Sudin Dukcapil Kota Jakarta Barat, Disdukcapil Kota Tangerang, Serang, Lebak, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Subang, Brebes, Lumajang, Banyuwangi, Kota Surabaya, Buleleng, Kutai Kertanegara, Bantaeng, dan Bone," rinci Zudan.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Disdukcapil Sleman Maksimalkan Posko Rekam E-KTP

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya