Gelar Aksi, FMI Tuntut Mahfud MD Urusi Kepulangan Rizieq Shihab

FMI juga menuntut Dubes RI untuk Arab Saudi dicopot

Jakarta, IDN Times - Organisasi Front Mahasiswa Islam (FMI) menggelar aksi demonstrasi untuk menyuarakan tuntutan kepulangan Rizieq Shihab ke Tanah Air di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemen Polhukam), Jalan Medan Merdeka, Jakarta pada, Jumat (29/11).

Perwakilan FMI mengatakan ada dua tuntutan yang disuarakan yaitu, pemberian hak Rizieq Shihab sebagai warga negara Indonesia dan pencopotan jabatan Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Tiga perwakilan FMI sempat melalukan audiensi dengan Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Brigjen TNI Jusmarizal untuk membahas tuntutan tersebut.

1. FMI anggap ada upaya pengasingan Rizieq Shihab dari Indonesia

Gelar Aksi, FMI Tuntut Mahfud MD Urusi Kepulangan Rizieq ShihabYouTube/Fronttv

Lutfi mengatakan organisasinya melihat ada upaya pengasingan Rizieq Shihab dari pihak Indonesia. Hal tersebut, kata Lutfi, bertentangan dengan hak Rizieq sebagai warga negara Indonesia.

"Kita menyampaikan dua tuntutan kepada deputi atau perwakilan dari Menkopolhukam. Pertama, tentang pemberian hak-hak Habib Rizieq Shihab selaku warga negara yan hari ini kami lihat ada upaya pengasingan kepada Habib," tutur Lutfi.

Baca Juga: Rizieq Shihab Disebut-Sebut Dicekal Pemerintah, Ini Penjelasan Istana

2. FMI menuntut Dubes RI untuk Arab Saudi dicopot karena mereka menilainya gagal menjalankan tugasnya

Gelar Aksi, FMI Tuntut Mahfud MD Urusi Kepulangan Rizieq Shihab(Agus Maftuh Dubes RI untuk Arab Saudi (kanan)) Dok. KBRI Riyadh

Selain itu, pada tuntutan kedua, FMI meminta pemerintah segera mencopot jabatan Agus Maftuh Abegebriel sebagai Dubes RI untuk Arab Saudi. Lutfi menegaskan, Agus dianggap tidak bertanggung jawab dan lalai dalam melaksanakan tugasnya.

"Tidak bertanggung jawab,tidak melindungi warga negaranya di Arab Saudi. Karena beliau diberikan amanah sebagai dubes harusnya beliau bertanggung jawab nah ini kita menuntut beliau untuk dicopot," katanya.

3. FMI berharap dapat menemui Menkopolhukam secara langsung untuk menyuarakan tuntutan tersebut

Gelar Aksi, FMI Tuntut Mahfud MD Urusi Kepulangan Rizieq ShihabMenko Polhukam Mohammad Mahfud MD berkomentar soal deradikalisasi di kalangan millennial (IDN Times/Prayugo Utomo)

Lutfi melontarkan harapan agar Menkopolhukam Mahfud MD menemui perwakilan FMI untuk membahas kedua tuntutan tersebut. Menurut Lutfi, polemik kepulangan Rizieq Shihab adalah pekerjaan rumah besar untuk Mahfuz yang harua segera dituntaskan.

"Ya harapannya sesuai dengan tuntutan kami diselesaikan masalah ini. Ini menjadi PR beliau selaku Menko yang baru di kementerian di sini. kasus harus ini menjadi PR dia lah sebagai pejabat," tutup Lutfi.

Baca Juga: Rizieq Shihab Diduga Dicekal, Moeldoko: Mau Pulang, Ya Pulang Aja

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya