Hidayat Nur Wahid Berharap Indonesia Punya Sosok Penerus Gus Sholah

Gus Sholah panutan guru bangsa

Jakarta, IDN Times - Ketua MPR 2004-2009 Hidayat Nur Wahid melayat ke kediaman almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2). Ia mengatakan sosok Gus Sholah adalah guru bangsa yang dapat menghadirkan solusi untuk merekatkan umat dengan negara.

"Kita sangat berduka karena sesungguhnya, kita kembali kehilangan seorang tokoh yang teruji menjadi panutan menjadi guru bangsa yang sangat mementingkan adanya bangsa yang terus menjadi bangsa yang besar. Bisa menjadi menghadirkan solusi merekatkan umat mendekatkan umat dan negara, negara dan umat," ujar Hidayat usai melayat.

Hidayat mengatakan, meskipun sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Gus Sholah juga berperan aktif di kancah nasional.

"Beliau sekali pun menjadi pimpinan Tebuireng di daerah, tapi peran nasional Beliau tetap berlaku dengan demikian sangat efektif, tapi sekaligus juga memberikan contoh budaya kita bahwa peduli kepada pesantren adalah sesuatu yang mutlak," ujar dia.

Hidayat berharap setelah kepergian Gus Sholah, muncul sosok panutan yang melanjutkan peran almarhum ke depan.

"Dari peristiwa ini mudah-mudahan bisa memunculkan, menghadirkan para pelanjut dari Beliau negara-negarawan, menghadirkan panutan-panutan yang betul-betul cinta umat cinta bangsa dan cinta negara," tutur Hidayat.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Gus Sholah, Adik Gus Dur yang Lekat dengan Tebuireng

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya