Comscore Tracker

Kerabat Ungkap Perlakuan Tak Layak pada Surya Anta di Rutan Salemba

Surya Anta diperiksa dokter dari jarak 20 meter

Jakarta, IDN Times - Kerabat dekat Surya Anta, Chika Tua, membenarkan isu perlakuan tidak layak yang dialami oleh Surya Anta selama berada di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta. Chika menjelaskan, perlakuan tidak layak tersebut adalah fasilitas kesehatan yang diterima oleh aktivis Papua itu.

Chika menjelaskan, tidak ada pemeriksaan dengan sentuhan fisik dari dokter rutan kepada Surya Anta sebagai pasien. Hal tersebut sangat aneh bagi Chika, karena otomatis sang dokter tidak benar-benar mengecek kondisi tubuh Surya Anta.

"Jadi dokter itu jaraknya 20 meter, pemeriksaan hanya berdasarkan omongan dari Surya Anta saja, tidak ada kontak fisik," ujar Chika saat dihubungi IDN Times, Jumat (6/12).

Baca Juga: Ditempatkan di Sel Isolasi, Surya Anta Sempat Depresi

1. Pihak keluarga belum mendapatkan penjelasan dari rutan mengenai perlakuan dokter tersebut

Kerabat Ungkap Perlakuan Tak Layak pada Surya Anta di Rutan SalembaIDN Times/Margith Juita Damanik

Pihak kerabat serta keluarga Surya Anta telah mempertanyakan perlakuan tidak wajar tersebut, tetapi belum ada keterangan lebih lanjut yang mereka terima dari pihak rutan.

"Karena dia (Surya Anta) kan bukan teroris, bukan apa kok harus ditanya dari jarak jauh ya," tutur Chika.

2. Surya Anta masih sakit usai pemeriksaan dokter

Kerabat Ungkap Perlakuan Tak Layak pada Surya Anta di Rutan SalembaInstagram/@Suryaanta

Chika menjelaskan, dengan pemeriksaan yang berjalan secara tidak efektif, Surya Anta pada akhirnya hanya diberikan obat penurun demam. Chika mengabarkan, saat ini keadaan Surya Anta masih dalam keadaan sakit.

"Kita udah tanyain kenapa harus berjarak 20 meter, karena kan keluhan mereka cuma batuk terus Bang Surya sempat menggigil dari habis Magrib sampai sekitar jam 9 malam," ujar Chika.

3. Tempat makan dan ruangan over-capacity juga dikeluhkan keluarga Surya Anta

Kerabat Ungkap Perlakuan Tak Layak pada Surya Anta di Rutan SalembaIDN Times/Denisa Tristianty

Chika juga menjelaskan tentang kehidupan Surya Anta yang tidak layak di Rutan Salemba. Ketidaklayakan tersebut di antaranya tempat makan yang kotor sampai ruangan sesak karena melebihi kapasitas.

"Karena tempatnya sudah over-capacity, terus tempat makannya itu kotak yang kaya omprengan itu, itu udah gak layak buat mereka makan, soalnya makannya ada yang sampai basi soalnya benar-benar gak bersih," ujar Chika.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Surya Anta Ginting Alami Tuli Sementara, Begini Respons Polisi

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Sunariyah

Just For You