Korea Selatan Sukses Tekan Penyebaran Virus Corona, Ini Rahasianya

Dinas Kesehatan Korsel bahkan menelepon warganya 

Jakarta, IDN Times- Korea Selatan adalah negara yang berhasil menekan penyebaran virus corona COVID-19. Pemerintah Korea Selatan melakukan satu cara utama yang bisa menekan lajunya angka kasus yaitu, cepat sebelum keadaan kritis.

Seperti dikutip dari New York Times, Selasa (24/3), satu minggu setelah kasus pertamanya, Pemerintah Korea Selatan mendesak perusahaan medis untuk segara mengembangkan alat uji virus corona dan bersiap untuk melakukan tes secara massal.

Baca Juga: Akibat Virus Corona, DPR dan Kemendikbud Sepakat UN Ditiadakan

1. Korea Selatan memberlalukan tes virus corona secara cepat dan massal

Korea Selatan Sukses Tekan Penyebaran Virus Corona, Ini Rahasianya(Presiden Korea Selatan Moon Jae-In) ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Pemerintah Korea Selatan tidak main-main untuk melakukan pemeriksaan tes virus corona kepada warganya. Korea Selatan tercatat sebagai negara yang melakukan tes virus corona terbanyak di dunia.

Sebanyak 300.000 tes telah dilakukan tim medis Korea Selatan terhadap warganya. Bahkan, angka tersebut terhitung 40 kali lebih banyak dibandingkan dengan tes yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

"Pengujian itu penting karena mengarah pada deteksi dini, meminimalkan penyebaran lebih lanjut dan dengan cepat mengobati yang ditemukan terinfeksi virus," ujar Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha.

2. Dinas Kesehatan setempat menghubungi telepon genggam orang yang melakukan kontak dengan pasien positif

Korea Selatan Sukses Tekan Penyebaran Virus Corona, Ini RahasianyaTweet ODP Korsel (Tangkapan Layar Twitter @juwonreports)

Selain itu, penanganan Pemerintah Korea Selatan yang secara menyeluruh juga tercermin dari unggahan salah satu warga Korea Selatan di laman Twitter @juwonreports. Dalam tweetnya, @juwonresport menjelaskan bahwa saudara laki-lakinya dihubungi oleh Dinas Kesehatan setempat karena diketahui melakukan kontak dengan orang positif virus corona.

Dinas Kesehatan itu bahkan menghubungi telepon genggam saudara laki-lakinya dua kali dalam sehari.

"Saudara laki-lakiku sedang di karantina mandiri karena secara tidak sadar melakukan kontak dengan pasien virus corona. Pada saat dia secara tidak sengaja tidak mengangkat telepon dari Dinas Kesehatan setempat yang menghubunginya dua kali, mereka seperti "jika kamu pergi meninggalkan rumah, kami harus melakukan penelusuran dengan polisi kami. Jawab teleponmu," tulis @juwonreports, Sabtu (21/3).

3. Dinas Kesehatan memberikan medical supplies kepada orang yang kontak dengan pasien positif virus corona

Korea Selatan Sukses Tekan Penyebaran Virus Corona, Ini RahasianyaUji COVID-19 drive-thru di Seoul (Twitter/@juwonreports)

Pada tweetnya @juwonreports juga mengatakan, saudara laki-laki dan ibunya pada akhirnya harus melakukan karantina mandiri. Namun, bukan hanya itu saja. Dinas Kesehatan setempat juga memberikan dua paket medical supplies kepada keluarga @juwonreports.

Satu paket medical supplies tersebut terdiri dari thermometer, 15 masker bedah, hand sanitizer, alcohol sanitizing spray, dan dua kertas penjelasan.

"Hanya beberapa jam, Dinas Kesehatan setempat mengirim dua paket virus corona ke rumah kami. Paket itu isinya medical supplies seperti thermometer, 15 masker bedah, hand sanitizer, alcohol sanitizing spray dan dua kertas penjelasan," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Memilukan Sebelum Guru Besar UI Tutup Usia Akibat Virus Corona

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya