Comscore Tracker

Mengenang Setahun Kepergian BJ Habibie, Tokoh Jenius yang Diakui Dunia

BJ Habibie meninggalkan dunia pada usia 83 tahun

Jakarta, IDN Times - Hari ini, 11 September 2020, menjadi momen satu tahun kepergian Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Momen duka tersebut kembali dikenang oleh sang cucu, yaitu Melanie Soebono.

Melanie Soebono mengunggah foto penghormatan terakhir kepada kakeknya itu pada laman Instagram pribadinya @melaniesoebono.

"Hari ini, tahun lalu, Eyang pergi ketemuan Eyang Putri lagi," demikian tulis Melanie pada Jumat (11/9/2020).

1. BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto

Mengenang Setahun Kepergian BJ Habibie, Tokoh Jenius yang Diakui DuniaIlustrasi B J Habibie (IDN Times/Sukma Shakti)

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu 11 September 2019 sekitar pukul 18.30 WIB. Habibie menutup usianya di 83 tahun.

Pada saat itu, Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie, menjelaskan bahwa sang ayah meninggal akibat gagal jantung. Sebelumnya meninggal pada 11 September 2019, BJ Habibie telah menerima perawatan sejak 1 September 2019.

"Alasan kenapa meninggal, sudah menua, dan memang saya katakan kondisinya memang sudah gagal jantung," ujarnya kala itu.

Baca Juga: Deretan Mobil Tercanggih Pada Masanya, Salah Satunya Punya BJ Habibie

2. BJ Habibie dimakamkan tepat di samping makam istri terkasih

Mengenang Setahun Kepergian BJ Habibie, Tokoh Jenius yang Diakui DuniaANTARA FOTO/Ali Anwar

Putra kebanggan bangsa yang dikenal dengan karya pesawatnya itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Habibie dimakamkan tepat di samping makam sang istri, yaitu Hasri Ainun Habibie, yang mendahuluinya pada 2010 lalu.

Selain itu, Habibie juga menjadi Presiden RI pertama yang dimakamkan di Makam Pahlawan Kalibata. Sebab, presiden lainnya dimakamkan di tempat yang berbeda-beda.

3. Dikenal cerdas, BJ Habibie memiliki gelar nama yang panjang

Mengenang Setahun Kepergian BJ Habibie, Tokoh Jenius yang Diakui DuniaB. J Habibie, Presiden Indonesia Ketiga (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

BJ Habibie menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri. Dari hasil pendidikannya, Habibie memiliki nama dan gelar yang cukup panjang. Jika dituliskan nama lengkap beserta gelarnya, akan menjadi Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Habibie menempuh pendidikan strata satunya di Institute Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, usai menyelesaikan pendidikan SMA di Gouverments Middlebare School. Dengan mendapat beasiswa dari pemerintahan, yang kala itu dipimpin Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno, Habibie muda melanjutkan pendidikannya ke Jerman.

4. Habibie memiliki rumus pesawat yang diakui dunia

Mengenang Setahun Kepergian BJ Habibie, Tokoh Jenius yang Diakui DuniaANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Di Jerman, Habibie muda pun berhasil menyelesaikan pendidikannya dari Rhein Wesfalen Aachen Technische Hochschule, dengan jurusan Teknik Penerbangan yang spesialisasinya pada konstruksi pesawat.

Dengan kecerdasannya, Habibie muda ketika bersekolah di Jerman mencetuskan rumus untuk menghitung crack progression on random. Rumus ini kemudian disebut dengan Faktor Habibie.

Tak menjadi sembarang rumus, karya Habibie ini diakui lembaga internasional. Seperti, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Luar Angkasa Jerman), The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de I'Air de I'Espace (Prancis), dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

Habibie juga memperoleh penghargaan sebagai guru besar di ITB dan penghargaan Edward Warner Award dan Theodore Van Karman Award.

Baca Juga: Deretan Mobil Tercanggih Pada Masanya, Salah Satunya Punya BJ Habibie

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya