Penyandang Disabilitas Soroti Syarat Sehat Jasmani dan Rohani CPNS

Batasan sehat jasmani dan rohani dinilai tidak jelas

Jakarta, IDN Times - Founder dan CEO Thisable Enterprise Angkie Yudistia menyoroti syarat sehat jasmani dan rohani untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Menurutnya batasan syarat tersebut tidak jelas, khususnya untuk teman-teman disabilitas.

"Sehat jasmani dan rohani itu seperti apa? Aku sehat kok, tapi cuma tuli aja. Teman-teman juga sehat cuma gak bisa jalan aja," kata Angkie kepada IDN Times di acara pelatihan perdana digital customer service untuk disabilitas di Jakarta, Rabu (4/9).

1. Syarat sehat jasmani dan rohani sebaiknya dihapus

Penyandang Disabilitas Soroti Syarat Sehat Jasmani dan Rohani CPNSIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Angkie menilai syarat sehat jasmani dan rohani untuk CPNS itu sebaiknya ditiadakan agar peluang teman-teman disabilitas menjadi PNS menjadi lebih luas.

Angkie tak memungkiri penyandang disabilitas memiliki kekurangan secara fisik, tetapi hal itu bisa diimbangi dengan pelatihan. "Itu pun kita berlakukan kepada pihak perusahaan, sehat jasmani dan rohani itu seperti apa?" ungkap Angkie.

Baca Juga: Thisable Enterprise, Perusahaan Penyedia SDM Disabilitas Profesional

2. Syarat usia juga harus disesuaikan dengan para penyandang disabilitas

Penyandang Disabilitas Soroti Syarat Sehat Jasmani dan Rohani CPNSInstagram/thisable.id

Menurut Angkie, batasan usia untuk pekerja kurang sesuai dengan fase hidup penyandang disabilitas. Angkie mengungkapkan untuk para penyandang disabilitas, fase hidupnya berbeda. Secara umum teman-teman disabilitas mulai dapat stabil dan siap bekerja di umur 28 tahun.

Hal tersebut karena penyandang disabilitas dapat masuk ke dalam inklusi membutuhkan waktu. "Starting pada usia 28 atau 30, karena mereka lebih siap secara mental," ujar Angkie.

Angkie bahkan berpendapat penyandang disabilitas memiliki dunia yang berbeda, dengan fase hidup yang berbeda pula. "Pada usia 28 tahun, teman-teman disabilitas sudah mulai bisa mengetahui perannya, aturan di sebuah lingkungan kerja dan dapat beradaptasi dengan baik," kata Angkie.

3. Angkie berharap ada sosialisasi lebih lanjut kepada teman-teman disabilitas

Penyandang Disabilitas Soroti Syarat Sehat Jasmani dan Rohani CPNSInstagram/angkie.yudistia

Angkie berhadap sosialisasi regulasi CPNS tahun 2019 dilakukan secara merata, termasuk ke teman-teman disabilitas. "Sosialisasi menyeluruh, karena pasti banyak pihak-pihak yang tidak mengerti tentang regulasi itu" ujar Angkie.

Menurut Angkie, pemerintahan yang baru dimulai ini sesuai dengan keinginan Thisable, yaitu menciptakan SDM unggul. Dengan demikian, hal tersebut juga harus diterapkan ke teman-teman disabilitas yang kualitas SDM nya juga dapat terus ditingkatkan serta butuh diperhatikan.

Baca Juga: Ini Deretan Keuntungan Pengguna Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya