Comscore Tracker

Rakernas Dibumbui Kericuhan, Perencanaan Kongres PAN Tersendat 

Tanggal dan lokasi Kongres PAN masih belum ditentukan

Jakarta, IDN Times - Rapat kerja nasional (rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) sempat diwarnai oleh kericuhan dan berakhir tanpa hasil keputusan terkait penetapan jadwal kongres. Rakernas tersebut digelar di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (7/12).

Setidaknya, Ketua Steering Committee Rakernas PAN Saleh Partaonan Daulay menjelaskan sudah disepakati mengenai tanggal pelaksanaan rakernas, walaupun belum terlalu spesifik.

"Tadi kita sudah menyepakati dua hal tadi, pertama kongres PAN akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada bulan Maret 2020. Kami belum menentukan tanggalnya langsung karena mengingat persoalan teknis akomodasi dan transportasi," ujar Ketua Steering Committee Rakernas PAN Saleh Partaonan Daulay seperti dikutip dari kantor berita Antara, Sabtu (7/12).

1. Waktu penyelenggaraan kongres PAN masih dibahas

Rakernas Dibumbui Kericuhan, Perencanaan Kongres PAN Tersendat ANTARA FOTO/Reno Esnir

Saleh mengatakan ini sebenernya adalah saat yang tepat untuk menentukan tanggal dan tempat penyelenggaraan kongres. Namun, menurutnya, pembicaraan mengenai hal itu masih terus bergulir. Kisaran waktu penyelenggaraan ialah pada rentang antara Januari hingga akhir Maret 2020.

"Kami berharap bahwa nanti ada satu waktu di antara itu yang semua kader kami di seluruh Indonesia mereka bisa meluangkan waktu untuk hadir bersama-sama dengan kami di kongres PAN," kata dia.

2. Lokasi kongres belum ditentukan tapi ada 9 wilayah calon tuan rumah

Rakernas Dibumbui Kericuhan, Perencanaan Kongres PAN Tersendat ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Lokasi kongres pun belum berhasil disepakati dalam rakernas ini. "Hal tersebut terjadi karena banyaknya Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) yang mengajukan diri untuk menjadi lokasi penyelenggara kongres," ujarnya.

Walaupun demikian, Saleh menjelaskan, melalui rakernas itu telah ditentukan sembilan wilayah calon tuan rumah penyelenggaraan kongres. Wilayah tersebut di antaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

"Tempat- tempat ini lah nanti yang akan dibawa ke Dewan Pimpinan Pusat PAN, untuk dilakukan verifikasi dan juga survei tempat itu," ucap Saleh.

Saleh mengatakan tempat yang ditunjuk nantinya harus memiliki fasilitas penunjang yang memadai, termasuk ketersediaan hotel, mengingat peserta yang akan menghadiri kongres lebih dari 3000 orang.

4. Kericuhan sempat terjadi pada rakernas PAN dan membuat keputusan tidak dapat diambil dengan baik

Rakernas Dibumbui Kericuhan, Perencanaan Kongres PAN Tersendat Ilustrasi basis masa PAN. IDN Times/Instagram PAN

Rakernas PAN kali ini juga sempat diwarnai insiden kericuhan antara peserta terkait masalah tata tertib rapat. Sempat terjadi aksi saling-rebut microphone antara perwakilan DPD dan DPW.

Masing-masing dari mereka ingin menyampaikan pendapat terkait lokasi kongres. Akibat kejadian tersebut rakernas sempat diskors beberapa saat, untuk kemudian dilanjutkan kembali.

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto mengatakan bahwa insiden kericuhan tersebut terjadi lantaran adanya kesalahpahaman antar-peserta.

"Orang-orang di sini mungkin jarang berdebat, forumnya juga luar biasa ramai. Tadi ada kesalahpahaman sedikit saja, tadi ada yang rebut mic, belum selesai bicara, yang lain sudah bicara," ungkapnya.

"Jadi kesimpangsiuran atau kengototan masing-masing saking semangatnya itu sehingga tadi ada mispersepsi dan salah komunikasi antar kita," kata Yandri seusai rakernas.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Undang Ketum PAN ke Istana, Jokowi: Soal Kabinet dan Visi ke Depan

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You