Sapi Jokowi Jadi Hewan Kurban Pertama yang Disembelih di Istiqlal

Sapi limosin Jokowi tenang selama proses penyembelihan

Jakarta, IDNTimes - Sapi limosin Jokowi menjadi hewan kurban pertama yang disembelih di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Minggu (11/8). Sapi kurban tersebut sudah menarik perhatian masyarakat karena penampilannya yang gagah dan bobot yang sangat besar, yakni seberat 1,7 ton.

"Sapi pertama yang akan disembelih yaitu dari bapak Presiden Joko Widodo dan keluarga," ungkap panitia pemotongan lewat pengeras suara.

Proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal mulai dilakukan sejak pukul 09.30 WIB. Persiapan penyembelihan langsung dilakukan usai salat Iduladha.

1. Sapi limosin pertama yang disembelih

Sapi Jokowi Jadi Hewan Kurban Pertama yang Disembelih di IstiqlalIDN Times/Indiana Malia

Jokowi mengamanatkan seekor sapi limosin untuk dikurbankan di Masjid Istiqlal, Jakarta. Pada pukul 09.30 WIB sapi tersebut digiring ke lokasi penyembelihan. Sapi tersebut terlihat berjalan mengikuti petugas dengan tenang.

Pada proses penyembelihan, sapi limosin itu diikatkan tali tambang berwarna hijau pada keempat kakinya. Membutuhkan lebih dari lima orang untuk menjatuhkan sapi tersebut. Setelah terjatuh, sapi gagah tersebut tidak terlalu banyak perlawanan. Lalu seorang penjagal pun datang dan melakukan penyembelihan.

Baca Juga: Jokowi Kurban Sapi Limosin 1,7 Ton di Masjid Istiqlal

2. Sapi 1 ton dari JK menjadi hewan kurban kedua yang disembelih

Sapi Jokowi Jadi Hewan Kurban Pertama yang Disembelih di IstiqlalANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Setelah penyembelihan sapi limosin Jokowi selesai, sapi dari Jusuf Kalla jadi hewan kurban kedua yang disembelih. Sapi tersebut memiliki bobot seberat 1 ton. Berwarna lebih cokelat pekat, sapi tersebut tidak kalah gagah dengan sapi limosin Jokowi.

3. Sapi Jokowi-JK menjadi sorotan karena bobotnya yang sangat besar

Sapi Jokowi Jadi Hewan Kurban Pertama yang Disembelih di IstiqlalIDN Times/Indiana Malia

Sejak acara penyerahan hewan kurban, sapi milik Jokowi-JK selalu diposisikan bersebelahan. Kedua sapi tersebut terlihat bersanding dengan gagahnya. Sapi limosin Jokowi memiliki bobot 1,7 ton dan sapi dari JK seberat 1 ton.

Pada saat penggiringan dari tempat penyerahan ke tempat penyembelihan, kedua sapi tersebut berjalan dengan tenang dan tetap berdampingan.

Baca Juga: Jokowi Kurban Sapi 900 Kg di Bandung, Ridwan Kamil 625 Kg

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya