Sempat Bertemu Menag, Gubernur NTB Akan Jalani Tes COVID-19

Gugus Tugas COVID-19 NTB sedang lakukan contact tracing

Jakarta, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah beserta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi NTB, akan menjalani tes cepat dan swab seusai bertemu Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang terkonfirmasi positif COVID-19. Begitu pula, wartawan yang melakukan peliputan saat itu.

"Ya. Pejabat yang bertemu dalam jarak jauh dilakukan tes cepat, dan yang bertemu intensif dites usap," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi, di Mataram seperti dikutip dari ANTARA, Senin (21/9/2020).

Nurhandini menjelaskan, selain Gubernur NTB, sejumlah pejabat seperti Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi juga akan menjalani tes cepat dan usap.

"Termasuk, sejumlah wartawan yang meliput kegiatan Menteri Agama Fachrul Razi saat melakukan kunjungan kerja di Lombok, NTB selama dua hari pada 16-17 September 2020 juga akan melakukan hal yang sama," lanjutnya.

1. Gugus Tugas COVID-19 NTB lakukan contact tracing terhadap yang berkontak langsung dengan Menag

Sempat Bertemu Menag, Gubernur NTB Akan Jalani Tes COVID-19Menteri Agama, Fachrul Razi mengecam tindakan penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung (Dok. Humas Kementerian Agama)

Ia menjelaskan bahwa saat ini Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi NTB, sedang melakukan penelusuran atau contact tracing terhadap sejumlah orang yang sempat kontak langsung dengan Menag Fachrul Razi saat melakukan kunjungan kerja di NTB.

"Ya, sedang dilakukan dan sudah di data," kata Nurhandini Eka Dewi .

Baca Juga: Dikabarkan Positif COVID-19, Wishnutama: Alhamdulillah Saya Sehat

2. Fachrul menggelar beberapa pertemuan di NTB, dari pembinaan ASN hingga bertemu tokoh agama

Sempat Bertemu Menag, Gubernur NTB Akan Jalani Tes COVID-19Menag Fachrul Razi (Dok. Kemenag)

Saat kunjungan kerja di NTB, Fachrul menggelar sejumlah pertemuan. Di antaranya peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB. Selain itu juga kegiataan pembinaan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Kemenag di wilayah NTB yakni, Gerakan Kemenag menuju Zona Integritas dan Kepedulian Individu yang Religius (Gema Zikir) pada, Rabu 16 September 2020 siang di Kota Mataram.

Selanjutnya, pada Rabu malam, ada pertemuan dengan tokoh agama sekaligus melakukan pelantikan pengurus Bravo 5 Provinsi NTB di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat. Kemudian, pada keesokan harinya meresmikan sejumlah gedung baru Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada Kamis 17 September 2020.

3. Menag terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala pada 17 September 2020

Sempat Bertemu Menag, Gubernur NTB Akan Jalani Tes COVID-19Menteri Agama Fachrul Razi (Dok. IDN Times/Kementerian Agama)

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi dinyatakan positif COVID-19 pada Kamis 17 September 2020. Walaupun demikian, kondisi Fachrul dikabarkan baik, tanpa gejala apa pun. Dia tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. 

"Pada 17 September, Menag melakukan tes usap dan hasilnya positif. Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Duduk Di Samping Menag saat Rapat di Istana, Hasil Swab Mensos Negatif

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya