Comscore Tracker

Siaga Banjir, Anies Cek Pintu Air dan Siapkan Tempat Penampungan Warga

Anies minta masyarakat bersiap hadapi air kiriman dari Bogor

Jakarta, IDN Times - Hujan deras mengguyur Ibu Kota sejak pukul 19.30 WIB. Untuk melihat kondisi terkini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung ke Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan

Dalam kunjungannya, Anies meminta masyarakat untuk bersiap menghadapi air kiriman dari Bogor yang diprediksi akan sampai ke Jakarta pada pukul 02.00-03.00 WIB, Selasa (22/9/2020) dini hari.

"Yang terjadi Bendung Katulampa sempat di posisi Siaga 1 lebih kurang 20-30 menit, dan itu artinya ada volume air dari kawasan pegunungan ke Jakarta," kata Anies kepada wartawan di Pintu Air Manggarai, Senin (21/9/2020) malam.

Baca Juga: Katulampa Siaga I, Wali Kota Bima Arya Telepon Anies Peringatkan DKI

1. Tepi Sungai Ciliwung sudah siaga

Siaga Banjir, Anies Cek Pintu Air dan Siapkan Tempat Penampungan WargaANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Anies menjelaskan, sejak Magrib jajaran yang bertugas di tepi Sungai Ciliwung sudah memberitahu masyarakat agar siaga. Sebab, diperkirakan pukul 21.00-22.00 air dari kawasan pegunungan akan tiba di Jakarta.

"Saat ini Pintu Air Depok sudah menunjukkan peningkatan dan itu artinya kira-kira 5-6 jam lagi akan sampai di Jakarta," katanya.

2. Anies siapkan tempat penampungan warga korban banjir sesuai protokol kesehatan

Siaga Banjir, Anies Cek Pintu Air dan Siapkan Tempat Penampungan WargaDinas Sumber Daya Air melakukan gerakan Gerebek Lumpur di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur untuk mencegah banjir pada Senin (21/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tempat-tempat penampungan untuk warga yang terkena banjir. Tempat penampungan tersebut dibuat sedemikian rupa dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Selain menyediakan masker juga lokasi-lokasinya dibuat ada jaga jarak, sehingga warga juga terbebas dari potensi penularan COVID-19. Jadi malam ini seluruh kawasan di tepi Sungai Ciliwung bersiaga," ungkap Anies.

3. Anies pastikan tim lapangan sudah atur pintu-pintu air di Jakarta

Siaga Banjir, Anies Cek Pintu Air dan Siapkan Tempat Penampungan WargaDinas Sumber Daya Air melakukan gerakan Gerebek Lumpur di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur untuk mencegah banjir pada Senin (21/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Masih kata Anies, tim lapangan sudah mengatur pintu-pintu air di Jakarta agar aliran air dari hulu bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

"Pintu-pintu semuanya dikendalikan supaya nanti bisa aman ke Jakarta, dan kebetulan malam ini permukaan air laut posisinya turun. Mudah-mudahan itu akan membantu menghindari Jakarta dari banjir," jelas Anies Baswedan.

Baca Juga: Hujan Deras, 8 Ruas Jalan di Jakarta Banjir, Cek Titik-titiknya!

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya