Tol Japek Macet Sepanjang 10 Km Pagi Ini, Contraflow Diberlakukan

Contraflow berlaku di beberapa titik #TolJapek, cek di sini

Jakarta, IDN Times - Memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru 2020, arus lalu lintas (lalin) di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terpantau padat sejak pagi ini, Sabtu (21/12). Kemacetan panjang hingga 10 kilometer tak terhindarkan lantaran jumlah kendaraan yang hendak meninggalkan Jakarta menuju luar kota.

Melalui akun Twitter resmi PT Jasa Marga @PTJASAMARGA, beberapa kebijakan untuk menghindari kepadatan pun diambil oleh PT Jasa Marga di Tol Japek sejak Jumat (20/12) pagi.

Baca Juga: [FOTO] Resmi Dibuka Hari Ini, Tol Layang Japek Kok Bergelombang?

1. Kepadatan lalin sepanjang 10 km terjadi di Tol Japek Jati Bening-Cikunir jalur atas

Tol Japek Macet Sepanjang 10 Km Pagi Ini, Contraflow DiberlakukanIDN Times/Umi Kalsum

Pada pukul 06.51 WIB, @PTJASAMARGA melaporkan kepadatan lalin sepanjang 10 km terjadi di Tol Japek Jati Bening - Cikunir jalur atas.

Selain itu, pada jalur Karawang Barat jalur atas atau bawah KM 44 sampai KM 48 arah Cikampek juga dikabarkan padat. Hal itu karena ada penanganan kecelakaan kendaraan bus di pertemuan antara jalur bawah KM 47 dan jalur atas KM 48

"06.51 WIB #Tol_Japek Jati Bening - Cikunir Jalur Atas KM 10 PADAT, kepadatan volume lalin. Karawang Barat Jalur Atas / Bawah KM 44 - KM 48 arah Cikampek PADAT, ada Penanganan kecelakaan kendaraan bus di Jalur Bawah KM 47 dan Jalur Atas KM 48 PADAT di lajur Pertemuan," cuit akun @PTJASAMARGA.

Kepadatan pun dilaporkan masih terjadi hingga pukul 08.35 WIB pada ruas jalan tersebut.

"08.35 WIB #Tol_Japek Jati Bening - Cikunir Jalur Atas KM 10 PADAT, kepadatan volume lalin. Cibitung Jalur Atas - Cikarang Barat KM 28 PADAT, kepadatan volume lalin," cuitnya.

2. Kendaraan tipe 3, 4 dan 5 dilarang melintas di Tol Japek sampai 21 Desember pukul 00.00 WIB

Tol Japek Macet Sepanjang 10 Km Pagi Ini, Contraflow DiberlakukanIDN Times/Sunariyah

PT Jasa Marga juga memberlakukan larangan untuk kendaraan golongan 3, 4 dan 5 untuk melintas di ruas Tol Japek. Peraturan tersebut berlaku sejak Jumat (20/12) pukul 00.00 WIB sampai dengan Sabtu (21/12) pukul 24.00 WIB.

Untuk golongan III jenis kendaraan bermotor yang masuk dalamnya yakni, truk dengan 3 gandar (sumbu roda). Selanjutnya, pada golongan IV jenis kendaraan yang masuk yaitu truk dengan 4 gandar (sumbu roda). Pada golongan V jenis kendaraan yang masuk adalah truk dengan 5 gandar (sumbu roda).

"Mulai Tgl 20 Desember 2019 Pkl 00.00 WIB s/d 21 Desember 2019 Pkl 24.00 WIB, Kendaraan Golongan 3, 4, dan 5 DILARANG MELINTAS di Ruas Tol Jakarta-Merak, Jagorawi, Prof Soedyatmo, JORR, Jakarta-Cikampek (arah Cikampek), Purbaleunyi (arah Cileunyi), kecuali BBM, BBG dan Sembako" ujar @PTJASAMARGA.

3. Contraflow juga berlaku di beberapa titik Tol Japek

Tol Japek Macet Sepanjang 10 Km Pagi Ini, Contraflow DiberlakukanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kebijakan contraflow atau jalur kanan di Tol Japek juga berlaku sejak Sabtu pagi. Beberapa titik yang berlaku contraflow adalah Karawang Barat KM 47 - Karawang Timur KM 53 dan Karawang Timur KM 53 - Karawang Barat KM 47.

"08.24 WIB #Tol_Japek Karawang Barat KM 47 - Karawang Timur KM 53 DIBERLAKUKAN LAJUR CONTRAFLOW/kanan, agar tertib di antrian," ujar @PTJASAMARGA.

"08.24 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Karawang Timur KM 53 - Karawang Barat KM 47, ada LAJUR CONTRAFLOW dari arah Karawang Barat di lajur kanan" kata @PTJASAMARGA.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Konstruksi Tol Layang Japek Bergelombang, Ini Kata Kemenhub

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya