Comscore Tracker

Dalam Sepekan 794 Warga Siak Positif COVID-19, 13 Meninggal Dunia

Rata-rata setiap hari yang meninggal lebih dari satu orang

Siak, IDN Times - Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau semakin serius. Dalam sepekan, sebanyak 793 terkonfirmasi positif covid-19 dan 13 orang meninggal dunia.

Data itu diambil dari update Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.
Demikian dikatakan Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Budhi Yuwono.

1. Lebih dari satu orang warga Siak setiap hari meninggal dunia

Dalam Sepekan 794 Warga Siak Positif COVID-19, 13 Meninggal DuniaIlustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Dari data tersebut, rata-rata setiap hari yang meninggal lebih dari satu orang, sementara yang terkonfirmasi positif setiap harinya di atas angka 40 orang.

“Dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak, penyumbang terkonfirmasi positif adalah Kecamatan Tualang dan Kecamatan Siak. Jika Tualang penduduknya heterogen, demikian juga dengan Kecamatan Siak, berada di ibukota kabupaten,” terang Budhi.

Atas kondisi itu, Budhi meminta masyarakat meningkatkan kesadaran atas pentingnya mematuhi prokes.

“Jangan abai, sebab Covid-19 masih ada. Mari bersama-sama mematuhi prokes untuk keselamatan diri sendiri, keluarga dan orang lain,” ungkap Budhi.

2. Patuhi Prokes untuk keselamatan banyak orang

Dalam Sepekan 794 Warga Siak Positif COVID-19, 13 Meninggal DuniaIlustrasi/Operasi Yustisi penerapan Perbup Nomor 38 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Prokes di PPU dilakukan timgabungan (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Jadikan mematuhi prokes sebagai gaya hidup. Sehingga level 3 yang saat ini posisi Kabupaten Siak, segera menurun menjadi level 1. Hal ini menjadi tugas bersama, di tengah pemangku kepentingan terus berusaha menciptakan Siak bebas Covid-19.

Saat ini, tambah Leonardus Budhi, pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya menekan penyebaran covid-19.

"Melakukan vaksin berkelanjutan kepada masyarakat, namun karena memang dari kementrian vaksin terbatas ya saat ini di Siak juga masih terbatas untuk vaksin," beber Budhi.

3. Pemda Siak minta pihak swasta bantu masker

Dalam Sepekan 794 Warga Siak Positif COVID-19, 13 Meninggal DuniaSanksi tidak menggunakan masker di DKI Jakarta (IDN Times/Sukma Shakti)

Tidak hanya itu, sambungnya, Pemda Siak juga menghimbau kepada pihak swasta yang berada di wilayah Kabupaten Siak untuk membantu masker kepada masyarakat.

" Tadi rapat soal PPKM, kami juga meminta kepada pihak swasta untuk membantu masker," jelasnya.

4. Berikut data penyebaran Covid-19 di Siak sepekan terakhir

Dalam Sepekan 794 Warga Siak Positif COVID-19, 13 Meninggal DuniaFoto : Tangkapan layar dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Siak tentang penyebaran kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir/ IDN Times, Istimewa

Berikut data penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak untuk sepekan terakhir, Kamis (29/7) bertambah kasus positif 154 dengan meninggal tiga orang, Rabu (28/7) sebanyak 127 positif covid-19 dengan satu orang meninggal.

Selasa (27/7) ada 98 positif dengan dua meninggal, Senin (26/7) sebanyak 45 positif dengan dua meninggal, pada Ahad (25/7) sebanyak 68 positif, nihil meninggal.

Pada Sabtu (24/7) sebanyak 75 positif, satu meninggal, pada Jumat (23/7) sebanyak 110 positif, dua meninggal, dan pada Kamis (22/7) sebanyak 117 positif, satu meninggal, sehingga totalnya 794 positif dan 13 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, 5 Kebiasaan Ini Akan Buat Dirimu Tak Bahagia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya