Comscore Tracker

Beredar Video Lahar Dingin diduga Semeru, TNBTS: Bukan di Indonesia

Pastikan video tersebut hoaks

Malang, IDN Times - Beberapa waktu terakhir media sosial kembali ramai dengan sebuah video yang ditengarai sebagai banjir lahar dingin Gunung Semeru. Dalam video berdurasi 14 detik yang dibagikan oleh akun @butoable tersebut terlihat aliran air yang cukup deras dengan membawa sejumlah material. Namun, kabar itu dibantah oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). 

1. Lokasi di luar negeri

Beredar Video Lahar Dingin diduga Semeru, TNBTS: Bukan di IndonesiaTangkapan gambar video diduga aliran lahar dingin. Dok/istimewa

Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Syarif Hidayat menyatakan bahwa tak mengetahui siapa yang pertama kali menyebarkan video tersebut. Namun, dirinya memastikan bahwa video tersebut tidak terjadi di Indonesia.

"Sepertinya itu di luar negeri. Kalau dilihat dari tiang listrik dan mobilnya bukan di Indonesia. Tetapi saya tidak tahu pasti lokasinya," terangnya Jumat (4/12/2020). 

2. Bukan curah kobokan

Beredar Video Lahar Dingin diduga Semeru, TNBTS: Bukan di IndonesiaKondisi Gunung Semeru sebelum mengalami peningkatan status. Instagram/tnbbromotenggersemeru

Lebih jauh, Syarif menyebut bahwa lokasi tersebut bukan berada di Curah Kobokan yang merupakan aliran lahar Gunung Semeru. Terlebih, Semeru sudah memuntahkan awan panas kemarin dan sudah mengalir ke Curah Kobokan. Sisa lahar yang terkena hujan juga sudah mengalir turun kemarin. 

"Kemarin memang ada lahar dingin karena sisa material yang terbawa ke Curah Kobokan. Tetapi sudah tidak terjadi lagi. Karena hujan juga sudah tidak deras," tambahnya. 

3. Pastikan bukan terjadi di Semeru

Beredar Video Lahar Dingin diduga Semeru, TNBTS: Bukan di IndonesiaTangkapan gambar video diduga aliran lahar dingin. Dok/istimewa

Senada dengan Syarif, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Lumajang, Wawan Hadi memastikan bahwa video yang beredar tersebut bukan di Semeru. Ia menyatakan bahwa kondisi di Semeru sudah berangsur kondusif meskipun para pengungsi dibeberapa titik masih tetap diminta bertahan sampai situasi benar-benar aman. 

"Itu hoaks. Saat ini situasinya di sini landai-landai saja," tandasnya. 

Baca Juga: Banjir Lahar Dingin Semeru Berisi Kayu dan Lumpur, Warga Mengungsi

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya