Comscore Tracker

Cek Kesehatan Lutung Jawa, Petugas Temukan Proyektil Peluru  

Javan Langur Center terima 10 ekor Lutung Jawa sitaan  

Batu, IDN Times - Balai rehabilitasi Javan Langur Center (JLC) melakukan pemeriksaan kesehatan kepada 10 ekor Lutung Jawa hasil sitaan, Selasa (23/2/2021) di kantor JLC, Desa Tulungrejo, Kota Batu. Pemeriksaan tersebut merupakan screening awal untuk memastikan kondisi kesehatan Lutung Jawa sebelum dilakukan karantina.

Primata tersebut merupakan hasil translokasi oleh BKSDA Yogyakarta sebanyak lima ekor. Lalu kemudian penyerahan dari warga di Pasuruan, Probolinggo juga dari BKSDA Jatim. Total ada 10 ekor Lutung Jawa yang masuk ke JLC untuk dirawat dan dikarantina sebelum nantinya dilepasliarkan kembali. 

1. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara menyeluruh

Cek Kesehatan Lutung Jawa, Petugas Temukan Proyektil Peluru  Pemeriksaan awal terhadap Lutung Jawa yang baru masuk JLC. IDN Times/Alfi Ramadana

Pemeriksaan kesehatan sendiri dilakukan menyeluruh kepada tiap-tiap Lutung Jawa. Mulai dari pemeriksaan luar, hingga swab tes khusus primata juga dilakukan. Gunanya memastikan bahwa Lutung Jawa yang masuk terbebas dari penyakit menular seperti TBC, hepatitis dan penyakit berbahaya lainnya.

Terlebih lutung-lutung yang masuk tersebut sebelumnya merupakan peliharaan dari masyarakat. Ada kekhawatiran bahwa kondisi dari hewan primata dilindungi itu mengalami gejala penyakit menular berbahaya. 

"Sebelum nantinya dilepasliarkan, lutung-lutung ini akan menjalani tiga kali pemeriksaan kesehatan dalam tiga kurun waktu berbeda sebelum dilepasliarkan," urai Iwan Kurniawan, Project Manager Javan Langur Center, Selasa (23/2/2021). 

2. Temukan proyektil peluru pada lutung

Cek Kesehatan Lutung Jawa, Petugas Temukan Proyektil Peluru  Proses pengambilan proyektil peluru dari seekor lutung. IDN Times/Alfi Ramadana

Saat melakukan pemeriksaan, dokter menemukan satu buah proyektil peluru pada lutung. Proyektil tersebut ditemukan pada paha sebelah kanan. Tindakan pembedahan kecil diambil untuk mengeluarkan proyektil peluru tersebut. Ini merupakan kali pertama tim dokter menemukan ada proyektil peluru pada lutung yang diperiksa. Iwan memperkirakan bahwa proyektil tersebut masih baru karena saat dilakukan pembedahan proyektil masih utuh. 

"Beruntung proyektil itu tidak sampai mengenai bagian otot atau tulang. Tadi langsung dilakukan prosedur pembedahan dan kondisi lutungnya sudah baik," imbuhnya. 

3. Bulan depan akan lepasliarkan 7 ekor

Cek Kesehatan Lutung Jawa, Petugas Temukan Proyektil Peluru  Lutung Jawa saat berada di kandang konervasi. IDN Times/Alfi Ramadana

Pihak JLC sendiri merencanakan akan melakukan pelepasliaran tujuh ekor Lutung Jawa bulan depan. Lokasi pelepasliaran sendiri dilakukan di antara dua pilihan, yakni hutan lindung Coban Talun atau kawasan konservasi Malang Selatan. 

"Kami harus memastikan dulu kondisi Lutung yang akan dilepasliarkan ini sudah siap," sambungnya. 

Baca Juga: Ditemukan Tergantung, Lutung Jawa di Hutan Batu Diduga Mati Diburu 

4. Sudah berhasil lepasliarkan 112 Lutung sejak 2011

Cek Kesehatan Lutung Jawa, Petugas Temukan Proyektil Peluru  Lutung dibius terlebih dahulu sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan. IDN Times/Alfi Ramadana

Iwan menyebut bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, JLC sudah berhasil melepasliarkan kurang lebih 112 ekor Lutung Jawa di hutan lindung Coban Talun dan hutan Malang Selatan. Setelah dilepasliarkan, pihaknya juga beberapa kali melakukan monitoring untuk melihat kondisi dari satwa primata tersebut di habitat aslinya. 

"Beberapa yang dilepasliarkan ada yang sudah di berkembang biak," tandasnya. 

Baca Juga: Lewat Facebook, Mahasiswa dan Pasutri Jual Satwa Dilindungi

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya