Comscore Tracker

Gempa, 5 Kecamatan di Kabupaten Malang Laporkan Adanya Bangunan Rusak

Belum terima laporan ada korban jiwa  

Malang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang terus melakukan pendataan pasca gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021). Hingga Sabtu sore, lima kecamatan yang mencatat adanya kerusakan bangunan akibat  gempa 6,7 skala richter tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Warga Surabaya Panik Rasakan Gempa Malang

1. Kerusakan bangunan tak hanya terjadi di wilayah pesisir

Gempa, 5 Kecamatan di Kabupaten Malang Laporkan Adanya Bangunan RusakDampak kerusakan akibat gempa di Kabupaten Malang. Dok/istimewa

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, lima kecamatan yang sudah mencatat adanya kerusakan bangunan antara lain, Poncokusumo, Wajak, Dampit, Donomulyo dan Sumbermanjing Wetan. 

"Dampak gempa tidak hanya dirasakan warga di wilayah pesisir. Tetapi juga wilayah yang cukup jauh seperti Poncokusumo juga terdampak," katanya.

Menurut Sadono, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan di lapangan. Belum diketahui berapa banyak bangunan yang rusak serta korban jiwa. Selain pendataan, BPBD juga sedang melakukan evakuasi.

2. Belum ada laporan korban jiwa

Gempa, 5 Kecamatan di Kabupaten Malang Laporkan Adanya Bangunan RusakIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini, BPBD Kabupaten Malang belum mendapat laporan resmi mengenai adanya korban jiwa. Pihaknya pun mengaku masih terus mencari informasi secara berkala.

"Data pasti terkait jumlah kerusakan bangunan masih belum ada. Karena sejauh ini laporan masih sporadis. Kalau untuk korban, sejauh ini saya belum mendapatkan informasi," tandasnya. 

3. Gempa terjadi pada pukul 14.00 WIB

Gempa, 5 Kecamatan di Kabupaten Malang Laporkan Adanya Bangunan RusakIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Seperti diketahui, gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,7 memicu guncangan sedang hingga kuat beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim) pada hari ini, Sabtu (10/4). Beberapa BPBD melaporkan situasi masyarakat yang merasakan guncangan gempa di wilayahnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di beberapa wilayah administrasi, antara lain Kabupaten Malang, Blitar, Lumajang dan Kota Malang melaporkan intensitas guncangan gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB. Terkait dengan parameter gempa, BMKG memutakhirkan parameter gempa M 6,1. Pusat gempa berada di laut dengan jarak 96 km arah selatan Kotan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jatim, dengan kedalaman 80 km.

Baca Juga: Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah Rusak

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya