Comscore Tracker

Jelang Akhir Tahun, Stok Darah PMI Kota Malang Menipis  

Selama pandemik, donor menurun 

Malang, IDN Times - Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Malang mengalami kekurangan stok darah. Pandemik COVID-19 yang belum juga berakhir membuat stok darah terus menipis. Terlebih selama beberapa pekan terakhir permintaan darah meningkat, namun tak diimbangi dengan penambahan stok darah.  

1. Tak bisa penuhi permintaan beberapa jenis golongan

Jelang Akhir Tahun, Stok Darah PMI Kota Malang Menipis  Pendonor saat donor darah di PMI Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Kasi Pengelolaan Donor UTD PMI Kota Malang, Agus Tri Prasetyo mengungkapkan, dalam beberapa pekan terakhir PMI Kota Malang mulai kesulitan memenuhi kebutuhan darah. Bahkan, beberapa permintaan untuk jenis darah tertentu tak bisa dipenuhi oleh PMI. Namun, Agus tak membeberkan secara rinci golongan darah apa yang saat ini stoknya langka.

"Saat ini, total jumlah stok yang tersedia hanya sebanyak 522 kantong. Idealnya jumlah stok aman itu berada di atas seribu," terangnya, Jumat (27/11/2020).

2. Donor turun selama pandemik

Jelang Akhir Tahun, Stok Darah PMI Kota Malang Menipis  Unit transfusi darah PMI saat melayani pendonor. IDN Times/Alfi Ramadana

Agus menilai,ada beberapa faktor yang menyebabkan stok darah tersebut menurun. Selain karena masih pandemik COVID-19, juga karena saat ini jumlah donor menurun. Normalnya pada saat sebelum pandemik COVID-19, jumlah donor sekitar 200 orang setiap hari. Namun saat pandemik, donor hanya sekitar 100 atau 125 orang saja per hari.

"Kalau yang datang biasanya lebih dari itu. Tetapi, yang bisa diambil darahnya sebesar 25 sampai 35 persen saja," imbuhnya. 

3. Mulai buka mobil transfusi darah keliling

Jelang Akhir Tahun, Stok Darah PMI Kota Malang Menipis  Pendonor saat donor darah di PMI Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Guna memenuhi kebutuhan darah, UTD PMI Kota Malang juga menerima panggilan mobil transfusi darah. Namun, belakangan kegiatan mobil transfusi darah masih belum ramai seperti saat sebelum pandemil. Hal itu dikarenakan banyak instansi yang masih membatasi kegiatan.

"Untuk mobil UTD PMI yang keliling, kadang ada, tetapi juga kadang tidak," sambungnya. 

4. Kerja sama dengan TNI dan Polri

Jelang Akhir Tahun, Stok Darah PMI Kota Malang Menipis  Unit transfusi darah PMI saat melayani pendonor. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain menggiatkan mobil transfusi darah, PMI juga menjalin kerja sama dengan instansi TNI dan Polri. Diharapkan, kerja sama itu bisa menambah stok darah PMI.

"Dalam proses transfusi, protokol kesehatan tetap kami lakukan, terutama jika muncul antrean. Jika yang berminat donor banyak, bisa dilaksanakan dua hari," tutupnya. 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya