Comscore Tracker

Kunjungi Posko Gempa Malang, BNPB Beri Bantuan Rp1 Miliar  

Bantuan untuk dapur lapangan  

Malang, IDN Times - Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) langsung turun tangan pasca gempa berkekuatan magnitudo 6,1  yang mengguncang Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021). BNPB langsung berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk melakukan pendataan dan pembersihan puing-puing reruntuhan. 

"Kami mendapatkan berita tentang gempa yang terjadi di selatan Malang. Setelah itu kami langsung monitor untuk memantau bagaimana kondisi di lapangan," kata Kepala BNPB, Doni Monardo saat berada di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Ampelgading sendiri menjadi kecamatan dengan tingkat kerusakan terparah.

1. Berikan bantuan Rp1 miliar untuk dapur umum

Kunjungi Posko Gempa Malang, BNPB Beri Bantuan Rp1 Miliar  Anggota TNI dan Polri membantu pembersihan reruntuhan bangunan di Desa Wirotaman, Ampelgading. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain melihat langsung dampak dari gempa bumi yang terjadi, Doni juga menyerahkan bantuan senilai Rp1 miliar dari BNPB untuk keperluan dapur umum warga.

"Bantuan dana siap pakai untuk membantu dapur lapangan sebesar Rp1 M. Akan disalurkan kepada pemerintah provinsi melalui BPBD," tambahnya. 

Baca Juga: Kecamatan Ampelgading Jadi Titik Terparah Gempa Malang  

2. Kaji untuk bantuan perbaikan rumah warga

Kunjungi Posko Gempa Malang, BNPB Beri Bantuan Rp1 Miliar  Salah satu rumah mengalami rusak parah di Desa Wirotaman, Ampelgading, Kabupaten Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain memberikan bantuan untuk dapur lapangan, pihaknya juga menyampaikan bahwa pemerintah siap memberikan bantuan dana perbaikan. Namun, pemerintah daerah harus mengajukan usulan kepada BNPB dengan mencantumkan nama, alamat yang ada termasuk nomor induk kependudukan.

Untuk rusak berat, pemerintah pusat menyiapkan dana stimulan Rp50 juta, rusak sedang, Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta. 

"Sebelum diusulkan, sebaiknya daerah mencantumkan daftar nama di desa atau kelurahan. Supaya warga bisa menilai mana yang berhak dapatkan bantuan stimulan rusak berat, sedang dan ringan. Karena masing-masing berbeda," sambungnya. 

3. Sebut pemerintah pusat pasti akan memberikan bantuan penuh

Kunjungi Posko Gempa Malang, BNPB Beri Bantuan Rp1 Miliar  Sejumlah paket bantuan sudah mulai berdatangan dan dikumpulkan di Kantor Kecamatan Ampelgading sebelum nantinya disalurkan kepada warga terdampak. IDN Times/Alfi Ramadana

Doni juga memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan dukungan penuh untuk pemulihan warga. Untuk itu, dirinya juga berharap masyarakat bisa tetap tenang.

"Pemerintah pusat apapun statusnya, pasti turun tangan dan memberikan bantuan. Presiden sudah memberikan perintah melalui BNPB, Mensos, PUPR dan Menkes untuk segera memberikan bantuan dan upaya pemulihan untuk daerah terdampak," tandasnya.

Baca Juga: Pusat Gempa Malang di Pantai Selatan, Sudah Terjadi 5 Kali

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya