Comscore Tracker

Sambut Libur Nyepi, PT KAI Luncurkan Dua Kereta Baru  

Dua kereta relasi Malang-Purwokerto dan Malang-Gambir  

Malang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesai (KAI) Daop 8 meluncurkan dua kereta api baru menyambut libur Hari Raya Nyepi. Dua kereta baru itu akan melayani dua rute. Dua KA baru tersebut adalah KA Kertanegara untuk relasi Malang-Purwokerto dan KA Brawijaya relasi Malang-Gambir. 

1. Mulai beroperasi 14 Maret 2021

Sambut Libur Nyepi, PT KAI Luncurkan Dua Kereta Baru  Penumpang di Stasiun Kota Malang menunggu kedatangan kereta api. IDN Times/Alfi Ramadana

Dua kereta api baru itu bakal memulai perjalanan pertamanya pada Minggu (14/3/2021) mendatang. Keduanya diproyeksikan untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Kota Malang. Sekaligus juga memberikan opsi yang berbeda bagi penumpang yang hendak bepergian. Terlebih satu kereta api merupakan relasi baru yang sebelumnya belum ada di Stasiun Kota Malang. 

"Dua kereta itu akan mulai diberangkatkan dari Stasiun Kota Malang, pada Minggu 14 Maret 2021," urai Manjer Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Jumat (12/3/2021). 

2. Antisipasi lonjakan penumpang selama libur Hari Raya Nyepi

Sambut Libur Nyepi, PT KAI Luncurkan Dua Kereta Baru  Operasional kereta api di Stasiun Malang Kota Lama tetap normal. Dok/Humas PT KAI

Luqman menambahkan bahwa peluncuran dua kereta api baru itu juga sekaligus mengantisipasi lonjakan penumpang. Pasalnya pekan ini ada libur Isra' Mi'raj dan Hari Raya Nyepi. Pihaknya memprediksi bahwa selama libur panjang tersebut bakal ada kenaikan penumpang. 

"Akan terjadi kenaikan jumlah penumpang. Meskipun kenaikannya tidak signifikan," imbuhnya. 

3. Saat libur Isra' Mi'raj ada kenaikan jumlah penumpang antara 100 hingga 200 orang

Sambut Libur Nyepi, PT KAI Luncurkan Dua Kereta Baru  Penumpang naik ke kereta api Penataran di Stasiun Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Wajar jika KAI melakukan antisipasi. Sebab, pada libur Isra’ Mi’raj kemarin, Luqman menjelaskan bahwa ada kenaikan penumpang kisaran 100 hingga 200 orang. Rata-rata setiap hari, penumpang yang menaiki kereta api ada di kisaran sebanyak 1.000 penumpang.

Selain tak perlu kehabisan tempat duduk, penumpang juga saat ini tak akan khawatir dengan tes COVID-19. Mereka bisa memilih pemeriksaan yakni antigen atau Genose. 

"Jadi penumpang bisa memilih mau menggunakan layanan Rapid Test Antigen atau GeNose C19,” sambungnya. 

Baca Juga: Sidak ke Stasiun, Dishub Kota Malang Cek Kesiapan Jelang Long Weekend

4. Penumpang di bawah umur tak perlu tes rapid maupun genose

Sambut Libur Nyepi, PT KAI Luncurkan Dua Kereta Baru  Penumpang menunggu kereta api di stasiun Kota Malang. IDN Times Alfi Ramadana

Sementara itu, untum penumpang di bawah umur tidak diwajibkan menjalani rapid test antigen maupun tes genose. Mereka bisa tetap mengikuti perjalanan kereta seperti layaknya waktu normal. Tetapi untuk penumpang dewasa diwajibkan untuk rapid test antigen atau tes genose C19. 

"Untuk alat tes genose C19 saat ini sudah ada di Stasiun Gubeng, Pasar Turi dan Stasiun Kota Malang," tandasnya. 

Baca Juga: Stasiun di Surabaya dan Malang Tambah Layanan GeNose, Ini Syaratnya

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya