Comscore Tracker

Sebabkan Kegaduhan, Wali Kota Malang Minta Maaf  

Akan ikuti proses hukum yang berjalan   

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang, Sutiaji akhirnya angkat bicara perihal video viral agenda gowes di Pantai Kondang Merak. Secara terbuka, Sutiaji menyampaikan permohonan maaf atas kasus tersebut. Apalagi, kejadin itu kemudian memunculkan kegaduhan yang membuat masyarakat kecewa. 

"Kami atas nama pribadi atas nama institusi mohon maaf sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat Bumi Arema serta seluruh Forpimda se Malang Raya," paparnya Kamis (23/9/2021). 

1. Tak bermaksud membuat gaduh

Sebabkan Kegaduhan, Wali Kota Malang Minta Maaf  Wali Kota Malang, Sutiaji saat mengecek langsung kelas tatap di Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Sutiaji mengakui bahwa sebenarnya tidak ada keinginan membuat situasi menjadi gaduh. Ia menyebut kegiatan itu merupakan gowes biasa. Tetapi kemudian ada insiden yang membuat hal itu menjadi gaduh. "Kami manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan luput. Tentu kami mohon maaf yang sebesar besarnya atas kejadian hari Minggu kemarin," tambahnya. 

Sebagai konsekuensi atas dugaan pelanggaran PPKM tersebut, Sutiaji mengakui bahwa Pemkot Malang siap mengikuti proses hukum yang berjalan. Saat ini proses hukum atas video viral dugaan pelanggaran PPKM yang dilakukan rombongan Pemkot Malang itu sudah ditangani oleh Polres Malang. Proses penyelidikan dan pemeriksaan terhadap pihak terkait sudah mulai dilakukan. 

"Kami akan ikuti proses proses hukum yang berjalan. Beberapa dari kami juga sudah diperiksa dan dimintai keterangan oleh Polres. Kami akan kooperatif dengan proses pemeriksaan," imbuhnya. 

2. Sudah lakukan swab pada semua peserta gowes

Sebabkan Kegaduhan, Wali Kota Malang Minta Maaf  Walikota Malang, Sutiaji saat melohat langsung proses rapid test di Pasar Induk Gadang. Dok/Humas Pemkot Malang

Sutiaji juga menambahkan bahwa semua yang terlibat dan ikut agenda ke Malang Selatan sudah menjalani swab. Hasilnya tidak ada yang dinyatakan positif COVID-19. Saat proses pengambilan swab juga dihadiri langsung oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Malang lengkap. 

"Swab kemarin dilakukan di Labkesda Kota Malang dan disaksikan langsung Satgas COVID-19 Kabupaten Malang," sambungnya. 

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran PPKM oleh Rombongan Pemkot Malang, Ini Kata Polisi

3. Siap hadir ke Polres Malang

Sebabkan Kegaduhan, Wali Kota Malang Minta Maaf  Sutiaji saat menyampaikan konferensi pers terkait ASN yang tertangkap gunakan narkoba. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Sutiaji mengakui bahwa dirinya siap hadir untuk pemeriksaan di Polres Malang. Berdasarkan jadwal pemanggilan, rencananya Sutiaji bakal menjalani pemeriksaan di Polres Malang pada Senin (27/9/2021) mendatang. Namun demikian, sebelum menghadiri pemeriksaan, dirinya bakal menyelesaikan tugas di Pemkot Malang terlebih dahulu. 

"Insya Allah katanya Senin. Tetapi kami masih menunggu konfirmasi pastinya. Kalau mungkin memang Senin maka kami akan datang setelah paripurna KUA APBD 2022," tandasnya. 

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran PPKM, Bupati Malang: Kami Serahkan ke Polisi  

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya