Sepekan PPKM Kota Malang, Penambahan Kasus COVID-19 Makin Tinggi

Penambahan kasus di Kota Malang semakin tinggi   

Malang, IDN Times - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) sudah berjalan selama sepekan. Namun, pelaksanaan PPKM tersebut masih belum sepenuhnya efektif untuk menurunkan angka penyebaran kasus COVID-19 di Kota Malang. Dalam sepekan terakhir, penambahan kasus COVID-19 malah meningkat.

Pada awal PPKM, pada Senin (11/1/2021) lalu, jumlah pasien baru COVID-19 tercatat 60 orang. Namun, berdasarkan data terakhir per Minggu (17/1/2021), kasus baru sebanyak 70. Jika ditotal, selama sepekan terakhir, terdapat tambahan kasus 442 kasus atau rata-rata harian lebih dari 60.

1. Walkot Malang sebut PPKM akan efektif setelah dua pekan pelaksanaan

Sepekan PPKM Kota Malang, Penambahan Kasus COVID-19 Makin TinggiMalang Raya bakal mulai mempersiapkan transisi menuju new normal usai PSBB. Dok/ Pemkot Malang

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Malang, Sutiaji menyebut bahwa PPKM baru efektif setelah satu atau dua minggu pelaksanaan. Penambahan kasus yang saat ini cukup tinggi menurutnya merupakan kasus lama yang hasil swabnya baru keluar. Sementara, untuk proses swab selama PPKM berjalan lima hari dan hasilnya baru akan keluar berikutnya. 

"Penambahan yang sekarang itu banyak klasternya. Kami tidak bicara klaster sekarang, tetapi setiap orang. Artinya sekarang kembali ke masyarakat," terangnya Senin (18/1/2021). 

Sebaliknya, Sutiaji menyebut Kota Malang mendapat penilaian positif dalam pelaksanaan PPKM. Bahkan, ia mengklaim bahwa daerah lain justru diminta untuk mencontoh kota Malang dalam penerapan PPKM. 

Baca Juga: Tutup Akibat PPKM, Madiun Umbul Square Galang Dana untuk Satwa

2. Kedisiplinan jadi kunci utama

Sepekan PPKM Kota Malang, Penambahan Kasus COVID-19 Makin TinggiWalikota Malang, Sutiaji saat melohat langsung proses rapid test di Pasar Induk Gadang. Dok/Humas Pemkot Malang

Terlepas dari hal tersebut, Sutiaji meminta agar warga Malang terus menjaga kedisiplinan dalam protokol kesehatan. Pasalnya, pelaksanaan prokes tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan kedisplinan masyarakat dalam menjalankannya. 

"Makanya kami tidak bisa menyampaikan efektif tidaknya PPKM. PSBB saja kita juga tidak tahu dulu efektif atau tidak," sambungnya. 

3. Terus lakukan upaya pendisiplinan

Sepekan PPKM Kota Malang, Penambahan Kasus COVID-19 Makin TinggiOperasi yustisi di Taman Krida Budaya, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Saat ini, Pemkot Malang menurutnya juga terus melakukan upaya pendisiplinan prokes pada masyarakat. Beberapa tempat yang menjadi sasaran PPKM antara lain tempat makan dan kafe yang buka malam. Ia pun mengaku tak segan memberi sanksi kepada pihak-pihak yang melanggar aturan.

Baca Juga: Sepekan PPKM, Satgas Klaim Ada Penurunan Kasus COVID-19

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya