Comscore Tracker

Distribusi Oxygen Concentrator IDPB Masih Berlangsung, Ini Update-nya!

Distribusi berdasarkan urgensi, ini kota-kota yang dituju

Jakarta, IDN Times - Gerakan galang dana Indonesia PASTI BISA (IDPB) Jaga Oksigen telah berhasil menyediakan 1.450 oxygen concentrator (OC) ke rumah sakit di seluruh Indonesia. Adapun dana yang berhasil dihimpun adalah US$ 1.213.354 dari 790 donatur individu dan mitra korporasi. Angka tersebut melebihi target awal IDPB Jaga Oksigen (121,34% dari target US$ 1 juta) hanya dalam waktu 10 hari. Berikut adalah update terbaru dari gerakan penggalangan dana yang dipelopori oleh East Ventures dan beberapa perusahaan di dalam portofolionya.

1. Update per 7 Agustus 2021

Distribusi Oxygen Concentrator IDPB Masih Berlangsung, Ini Update-nya!Dok. Indonesia PASTI BISA

Per tanggal 7 Agustus 2021, sejumlah 142 unit oxygen concentrator telah diterima oleh 14 rumah sakit di Jawa Timur. Adapun rumah sakit yang dimaksud adalah RS Daerah Balung Jember (11 unit), RS Daerah Kalisat Jember (5 unit), RS Umum Daerah Pasirian Lumajang (7 unit), RS Umum Daerah Ploso (8 unit), RS Umum Daerah Simpang Lima (7 unit), RSU DR Wahidin Sudiro Husodo (14 unit), RSU Karsa Husada Kota Batu (11 unit), RSUD DR Sayidiman Magetan (10 unit), RSUD Gambiran (10 unit), RSUD Kertosono (15 unit), RSUD Nganjuk (9 unit), RSUD Ngudi Waluyo Wlingi (15 unit), RSUD DR Soebandi (10 unit), dan RSUD Kab Kediri (10 unit).

2. Update per 12 Agustus 2021

Distribusi Oxygen Concentrator IDPB Masih Berlangsung, Ini Update-nya!Indonesia PASTI BISA (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Sedangkan pada 12 Agustus 2021, sejumlah 97 unit oxygen concentrators sedang dalam perjalanan menuju ke 12 rumah sakit di DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara. Rumah sakit yang dimaksud meliputi RS Umum Daerah Ciracas di DKI Jakarta (6 unit), RS Umum Daerah Cempaka Putih di DKI Jakarta (2 unit), RS Umum Daerah Wonosari di Yogyakarta (10 unit), RSUP Dr. Sardjito di Yogyakarta (10 unit), RS Umum Daerah Poso di Sulawesi Tengah (6 unit), RS Umum Daerah Undata Palu di Sulawesi Tengah (7 unit), RS Benyamin Guluh Kolaka di Sulawesi Tenggara (12 unit), RS Umum Daerah Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara (5 unit), RS Umum Daerah Tanjung Batu Kundur di Kepulauan Riau (11 unit), RS Umum Daerah Dabo Kabupaten Lingga di Kepulauan Riau (8 unit), RS Umum Noongan di Sulawesi Utara (11 unit), dan RS Umum Dr. Sam Ratulangi di Sulawesi Utara (9 unit).

3. Gunakan platform IDPB untuk bantu pendistribusian OC gerakan penggalangan dana lain

Distribusi Oxygen Concentrator IDPB Masih Berlangsung, Ini Update-nya!Dok. Indonesia PASTI BISA

Sebagai pelopor platform donasi dengan solusi end-to-end, IDPB Jaga Oksigen berkomitmen untuk terus membantu Indonesia dalam mengatasi pandemik COVID-19. Platform donasi yang telah dibangun oleh IDPB juga akan digunakan oleh Kemenkes RI untuk mendistribusikan hibah bantuan COVID-19 berupa oxygen concentrator dari berbagai institusi di luar gerakan Indonesia PASTI BISA. Sampai dengan 28 Juli 2021, IDPB Jaga Oksigen telah mendistribusikan setidaknya 1.600 oxygen concentrator milik Kemenkes RI.

Meski tidak terintegrasi dengan gerakan penggalangan dana IDPB Jaga Oksigen, sistem pelacakan donasi yang sama persis dengan IDPB Jaga Oksigen tetap diterapkan. Bonza menggunakan platform data untuk memetakan dan memprediksi jumlah permintaan oksigen di seluruh Indonesia. Waresix menyediakan gudang penyimpanan dan mendistribusikan oxygen concentrator ke tempat tujuan. Advotics melacak oxygen concentrator hingga tiba di tujuan. IDPB percaya bahwa saat ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk bersatu, saling bahu-membahu atas nama kemanusiaan.

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya