Comscore Tracker

Pengadaan Material Pembuatan PCR Dapat Dukungan Kementerian Pertahanan

Pengiriman dikawal oleh prajurit TNI

Jakarta, IDN Times - Pada awal Mei 2020, beberapa bahan baku pembuatan qRT-PCR yang diimpor dari beberapa negara di luar negeri telah tiba di Indonesia. Kedatangan bahan baku yang dibeli dengan bantuan donasi dari gerakan Indonesia PASTI BISA ini mendapat bantuan dari berbagai pihak, salah satunya Kementerian Pertahanan Indonesia.

1. Langkah riil Kemhan membantu pengadaan bahan baku test-kit

Pengadaan Material Pembuatan PCR Dapat Dukungan Kementerian Pertahanankemhan.go.id

Guna membantu lancarnya pengiriman dan percepatan pengadaan bahan baku qRT-PCR, Kemhan pun turut ambil bagian dalam prosesnya. IDN Times memiliki kesempatan untuk mendapat keterangan langsung dari Dahnil Anzar, Juru Bicara Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto. Ia menyatakan, “Seluruh upaya anak negeri untuk berkontribusi terhadap percepatan penanganan wabah COVID-19 harus didukung. Bahkan, pada kasus pengadaan material ini, tidak sedikit yang kemudian difasilitasi secara langsung oleh Menhan Prabowo Subianto. Misalnya adalah berupa pendampingan dari prajurit TNI dan fasilitas Kemhan, sehingga distribusi  bahan baku qRT-PCR tersebut dapat diselesaikan secara lebih cepat.”

2. Niat baik anak bangsa

Pengadaan Material Pembuatan PCR Dapat Dukungan Kementerian Pertahanankemhan.go.id

Tentu ada beberapa hal yang mendasari keputusan Kemhan untuk mau ikut terlibat dalam gerakan kolaborasi antar ABGC (Akademisi, Bisnis/Industri, Government, dan Community) ini. Melihat situasi tak menentu yang disebabkan oleh COVID-19, keresahan terhadap keberlangsungan hampir seluruh aspek kehidupan pun menghantui. Untuk itu, Kemhan mengaku yakin bahwa percepatan penanganan COVID-19 melalui pengadaan test-kit dengan gold standard ini akan menjadi  salah satu langkah yang membawa perubahan positif. 

“Yang jelas, Kemhan siap dukung semua upaya baik anak-anak negeri, apapun bentuknya, selama itu memberikan kontribusi percepatan penanganan COVID-19. Apalagi bila ada upaya gotong royong seperti ini,” Dahnil mengonfirmasi.

3. Sinergi yang bawa optimisme

Pengadaan Material Pembuatan PCR Dapat Dukungan Kementerian Pertahananfreepik.com

Mengetahui bahwa para pemangku kepentingan yang terlibat merupakan suatu sinergi dari elemen-elemen yang kuat di bidangnya, Kemhan pun memiliki optimisme terhadap kesuksesan proyek qRT-PCR lokal gratis yang telah diproduksi pada minggu ketiga bulan Mei ini. Dahnil menegaskan, “Kami optimis bahwa program ini bisa direalisasikan segera, sehingga jangkau tes PCR pun dapat meluas ke seluruh Indonesia. Dengan begitu, kita bisa memperoleh data valid untuk memutuskan langkah penanganan COVID-19 yang lebih efektif dan efisien.”

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya