Terinspirasi Pancasila Sejak 2016, Ini Tema Natal Gereja Katedral

Tujuan tema Pancasila agar umat Kristiani mengamalkan

Jakarta, IDN Times - Hari ini seluruh umat Kristiani memperingati hari lahirnya Yesus Kristus atau yang lebih dikenal perayaan Natal. Gereja Katedral pun turut merayakan dengan tema Pancasila. 

Tahukah kamu, Gereja Katedral selalu mereyakan Natal dengan tama Pancasila sejak 2016. Tahun ini temanya mengamalkan sila ketiga, yaitu persatuan yang adil dan beradab.

"Sejak 2016 kami mengusung tema dari Pancasila, tujuannya agar umat Katolik khususnya, dapat mengamalkan Pancasila," ujar Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Selasa (25/12).

Baca Juga: Natal Pas-pasan Ala Warga Kapasan

1. Pada 2016 mengamalkan sila pertama Pancasila

Terinspirasi Pancasila Sejak 2016, Ini Tema Natal Gereja KatedralIDN Times/Imam Rosidin

Susyana menjelaskan pada 2016, tema Natal mengusung sila pertama Pancasila sebagai wujud rasa syukur jemaat yang dilahirkan sebagai rakyat Indonesia.

"Kita sudah menjalankan arah dasar Keuskupan Agung ini sejak 2016, yaitu diawali dengan ajakan mengamalkan sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa, dengan tema besarnya adalah kerahiman yang memerdekakan," kata dia.

2. Perayaan Natal pada 2017 bertema Makin Adil Makin Beradab atau sila kedua Pancasila

Terinspirasi Pancasila Sejak 2016, Ini Tema Natal Gereja KatedralIDN Times/Amelinda Zaneta

Pada 2017, perayaan Natal di Katedral mengamalkan sila kedua Pancasila: Kemanusian Yang Adil dan Beradab, bertujuan agar jemaat dapat lebih memiliki rasa tenggang rasa kepada sesama.

"Pada sila kedua di 2017 itu dengan pengamalan sila kedua, yaitu Makin Adil Makin Beradab, dan dilanjutkan dengan makin beriman makin berbela rasa," tutur dia. 

3. Pada 2018 sebagai tahun persatuan

Terinspirasi Pancasila Sejak 2016, Ini Tema Natal Gereja KatedralIDN Times/Imam Rosidin

Sementara, Susyana melanjutkan, pada 2018 tema Natal sesuai dengan sila ketiga Pancasila: Persatuan Indonesia. Menurut dia hal tersebut merupakan pengingat untuk menghargai keberagaman suku yang ada di Indonesia.

"Tahun ini temannya mengamalkan pada sila yang ketiga, yaitu pada tahun persatuan dengan tag line 'Kita Bhinneka Kita Indonesia'," ujar dia.

4. Pada 2019, sebagai tahun berkhidmat

Terinspirasi Pancasila Sejak 2016, Ini Tema Natal Gereja KatedralIDN Times/Imam Rosidin

Susyana mengatakan, pada 2019 tema Natal akan mengamalkan sila keempat Pancasila, dengan tujuan agar para jemaat dapat lebih memiliki rasa tanggung jawab terhadap negara maupun diri sendiri.

"Pada 2019 yaitu terkait dengan pengamalan sila keempat, sehingga mempunyai tema besar sebagai tahun berkhidmat, dengan tag line kita berkhidmat bangsa bermartabat," ujar dia.

5. Pada 2020 tema Natal sesuai sila kelima Pancasila

Terinspirasi Pancasila Sejak 2016, Ini Tema Natal Gereja KatedralIDN Times/Amelinda Zaneta

Sesuai urutan sila Pancasila, perayaan Natal di Gereja Katedral pada 2020 bertama pengamalan sila kelima.

"Nantinya (2020) temanya terkait dengan sila kelima," kata dia.

Baca Juga: FOTO: Begini Sakralnya Perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya