Anies Baswedan Obral Janji di Hadapan Kades, Bakal Naikkan Dana Desa

Tiga hal gagasan pembangunan desa

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan berjanji di hadapan ribuan kepala desa untuk meningkatkan dana desa. 

Janji itu disampaikan Anies Baswedan saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Tahun 2023 yang digelar di Provinsi Jambi.

Di hadapan ribuan kepala desa dari seluruh Indonesia Anies menyampaikan visi dan gagasannya tentang pembangunan desa.

Pada kesempatan itu, Anies Baswedan menyampaikan visinya untuk menjadikan desa sebagai kekuatan untuk pembangunan bangsa. Menurut dia, ada tiga yang harus dilakukan dalam gagasan pembangunan desa.

“Peningkatan dana desa, otoritas belanja yang sesuai dengan kebutuhan desa, dan pendampingan desa yang profesional," kata Anies Baswedan di Balairung Universitas Jambi, Rabu (26/7/2023) kemarin.

1. Perlu ada pendamping desa yang profesional

Anies Baswedan Obral Janji di Hadapan Kades, Bakal Naikkan Dana DesaBakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan hadir di Rakernas Apdesi di Jambi. Anies janji akan meningkatkan dana desa. (dok. IDN Times/istimewa)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpendapat bahwa kepala desa harus didampingi oleh pendamping profesional untuk penguatan pembangunan desa.

Tidak boleh ada lagi pendamping desa berkat titipan pihak-pihak tertentu tanpa ditopang oleh kualitas dan kualifikasi yang jelas.

“Hanya dengan cara itu akan lahir desa yang kuat dan mandiri," ujar dia.

Baca Juga: Gubernur Jambi Tak Ingin Rakernas APDESI Berbau Politis, Ada Anies?

2. Program yang baik tidak boleh dihentikan

Anies Baswedan Obral Janji di Hadapan Kades, Bakal Naikkan Dana DesaBakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan hadir di Rakernas Apdesi di Jambi. Anies janji akan meningkatkan dana desa. (dok. IDN Times/istimewa)

Kendati demikian, eks Mendikbud itu memastikan bahwa program yang baik tentang desa saat ini tidak boleh dihentikan.

Hal itu menjawab rumor yang beredar bahwa dirinya akan merubah kebijakan tentang desa jika kelak terpilih menjadi presiden, seiring dengan gagasan perubahan yang digaungkannya.

“Justru dana desa akan kita tingkatkan. Makanya dalam matriks kebijakan itu ada empat hal yang harus dipahami," ujarnya.

3. Kepala desa akan diberikan kewenangan penuh

Anies Baswedan Obral Janji di Hadapan Kades, Bakal Naikkan Dana DesaBakal calon presiden 2024, Anies Baswedan (IDN Times/Amir Faisol)

Anies memaparkan empat matriks tersebut. Pertama, kebijakan apa yang diteruskan. Kedua, apa yang dikoreksi. Ketiga, apa yang perlu dihentikan, dan keempat adalah hal baru apa yang perlu dibuat.

Karena itu, kepala desa akan diberi kewenangan penuh untuk menentukan kebutuhan mereka.

“Karena yang tahu masalah sesungguhnya adalah kepala desa, apa yang harus ditingkatkan dan apa yang mesti dikoreksi," tutur dia.

Baca Juga: Anies Baswedan: Lupakan Peta Pilpres 2019, Fokus Perubahan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya