Arab Saudi Siapkan Sanksi Tegas Jemaah Haji Tak Pakai Visa Resmi

Menag imbau calon jemaah haji pakai visa resmi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengungkapkan telah menyiapkan sanksi tegas terhadap calon jemaah haji yang menggunakan visa tidak resmi.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fauzan Al Rabiah, mengatakan pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada semua pihak yang datang ke Saudi bila datang menggunakan visa tidak resmi. Kendati, Tawfiq tak merinci secara detail terkait sanksi tersebut.

“Pemerintah Arab Saudi tidak membolehkan, tidak akan menoleransi, bahkan ada sanksi yang cukup kuat, jika terbukti melaksanakan ibadah haji atau datang ke sana dengan visa yang tidak prosedural,” kata Tawfiq di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Sementara, Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, menegaskan pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada pihak travel dan biro haji yang nekat memberangkatkan jemaah haji tanpa menggunakan visa resmi yang dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi.

Yaqut mengimbau semua calon jemaah haji agar mengikuti prosedur yang benar sesuai yang telah ditetapkan Kerajaan Arab Saudi. Ia pun mengingatkan seluruh calon jemaah agar tidak tergiur kepada semua biro perjalanan yang menawarkan visa tidak prosedural.

“Bahwa kalau mau berangkat haji harus mengikuti prosedur yang benar dan hanya itu yang hanya diterima oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” ujar dia.

Baca Juga: Menag Yaqut: Jemaah Pakai Visa Tak Resmi, Ibadah Haji Tidak Sah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya