Arus Balik, Polda Metro Jaya Siap Terapkan Contraflow Tol Dalam Kota

Arus balik terpantau masih terkendali

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya akan menerapkan contraflow di Tol Dalam Kota, jika diperlukan untuk mengantisipasi kepadatan arus balik.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengatakan jika di Tol Dalam Kota terjadi penumpukan kendaraan, nantinya pengendara akan diarahkan terlebih dahulu ke Tanjung Priok atau Pondok Indah.

“Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di dalam kota, akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah,” ujarnya kepada wartawan, Senin (24/4/2023) malam.

1. Penjagaan diperketat

Arus Balik, Polda Metro Jaya Siap Terapkan Contraflow Tol Dalam KotaIlustrasi jalan dan gerbang tol (Dok. Jasa Marga)

Latif mengatakan pihaknya akan memperketat penjagaan di pintu keluar tol, sehingga tidak ada hambatan pada momen arus balik nanti.

“Setelah keluar pintu tol di arteri kita atur sedemikian rupa, penjagaan diperketat. Sehingga tidak ada hambatan sama sekali di jalur tol ini,” ucap dia.

2. Bersiap menerima arus kendaraan besar

Arus Balik, Polda Metro Jaya Siap Terapkan Contraflow Tol Dalam KotaIDN Times/Galih Persiana

Latif menegaskan, pihaknya bersiap menerima arus kendaraan besar pada momen arus balik.

“Apabila kami menerima arus besar, kita sudah siap,” ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga telah menyusun pengamanan di jalur-jalur arteri untuk menerima arus balik.

Latif mengatakan pihaknya akan mengerahkan personel di sejumlah titik seperti di Cibatu, Cibitung, Cikarang, Cikarang Barat, sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur, dan exit tol seluruh Jakarta.

“Personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini,” kata dia.

3. Arus balik masih terkendali

Arus Balik, Polda Metro Jaya Siap Terapkan Contraflow Tol Dalam KotaIDN Times/Galih Persiana

Latif juga menyebut pemudik yang sudah kembali ke arah Jakarta atau arus balik masih terkendali dan terpantau lancar. Selain itu, arus yang menuju Tol JORR dan Tanjung Priok juga masih ramai lancar.

“Sekarang (pemudik) sudah masuk ke wilayah Polda Metro Jaya, sehingga bisa kita lihat bahwa pantauan di KM 10 yang masuk ke dalam kota juga masih sangat terkendali," katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya