Bamsoet Beri Sinyal Calon Ketum Golkar Bertambah Jelang Munas Desember

Baru ada empat nama masuk bursa calon Ketum Golkar

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyakini, calon bursa ketua umum partai beringin akan bertambah menjelang musyawarah nasional (Munas) Desember 2024 nanti. Menurut Bamsoet, Golkar memiliki banyak orang-orang hebat. 

Meski demikian, Bamsoet enggan menyebutkan siapa nama-nama yang akan ikut bertarung dalam persaingan calon ketua umum Partai Golkar di Desember 2024 mendatang.

"Kalau Munas masih Desember kayaknya empat nama itu, kayaknya akan nambah, karena di Golkar banyak orang-orang hebat," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

1. Empat bursa calon ketua umum Partai Golkar

Bamsoet Beri Sinyal Calon Ketum Golkar Bertambah Jelang Munas DesemberKetua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menanggapi wacana presidential club ala Prabowo Subianto. (IDN Times/Amir Faisol)

Adapun, Bamsoet telah menyatakan diri siap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Munas 2024 Desember mendatang.

Bamsoet mengatakan, empat kader Partai Golkar akan akan bersaing merebut kursi ketua umum pada Munas Partai Golkar 2024 nanti.

Adapun empat kader tersebut adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto selaku petahana, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Politikus Senior Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

"Setidak-tidaknya sudah empat santer suara yang muncul di permukaan, yang akan bertarung di forum Munas tahun ini. Ada Pak Airlangga sendiri, ada Pak Agus Gumiwang, ada Pak Bahlil, ada saya," kata dia.

Baca Juga: Pilkada 2024 Dinilai Jadi Momentum Golkar Ulangi Kesuksesan Pileg 2024

2. Bamsoet telah mempersiapkan diri maju Ketum Golkar

Bamsoet Beri Sinyal Calon Ketum Golkar Bertambah Jelang Munas DesemberKetua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menanggapi wacana presidential club ala Prabowo Subianto. (IDN Times/Amir Faisol)

Bamsoet mengaku telah melakukan berbagai persiapan untuk maju pada forum Munas Golkar 2024. Bamsoet tak mau mengungkap apa saja persiapan yang telah dilakukan.

Namun, ia hanya berharap Pemilu 2024 berjalan lancar sesuai harapan bangsa ini. Kemudian presiden terpilih bisa dilantik dengan baik pada Oktober 2024 nanti. Ketua MPR RI itu juga berharap suasana politik Indonesia ke depan bisa berjalan lebih kondusif.

"Ya kita banyak berdoa semoga hasil pemilu ini sesuai dengan harapan kita semua, Presiden dilantik dengan baik, suasana politik kondusif, nah baru kita bicara tentang munas," kata dia pada 8 Maret 2024 lalu.

Baca Juga: Bamsoet Usul Prabowo Hidupkan Lagi Dewan Pertimbangan Agung

3. Airlangga masih kokoh di Partai Beringin

Bamsoet Beri Sinyal Calon Ketum Golkar Bertambah Jelang Munas DesemberAirlangga Hartarto. (IDN Times/Triyan)

Dari keempat nama yang masuk bursa calon ketua umum tersebut, nama Airlangga Hartarto masih kokoh. Sejumlah organisasi pendiri Partai Golkar juga telah mendeklarasikan diri untuk mendukung Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan kepercayaan diri, dapat menang secara aklamasi di Munas Golkar pada Desember 2024 mendatang.

"Insya Allah," ujar dia.

Airlangga menyatakan dukungan itu merupakan amanah yang harus dijaga. Kata dia, agenda Partai Golkar jangka pendek yakni persiapan Pilkada dengan target 60 persen kemenangan.

"Setelah itu, kami Insya Allah akan bertanggung jawabkan di Munas pada bulan Desember nanti," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya