Cak Imin Singgung Hanif Dhakiri Jadi Menteri di Kabinet Prabowo

Benarkah PKB dapat jatah di kabinet Prabowo?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyinggung jatah menteri di Kabinet Prabowo-Gibran. Ia pun menyinggung nama Wakil Ketua Umum DPP PKB Bidang Kaderisasi Hanif Dhakiri.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin dalam jumpa pers acara Ta'aruf Politik PKB dengan Bakal Calon Kepala Daerah 2024 di kawasan Tambora, Jakarta Barat, Rabu (1/5/2024). 

Pada sesi tanya jawab, awak media menanyakan kepada Cak Imin terkait program food estate yang kerap dikritik sewaktu masih menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 lalu. 

Food estate merupakan proyek mercusuar pemerinrah dalam bidang pangan yang berada di bawah Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pimpinan Prabowo Subianto..

Awak media mempertanyakan kepada Cak Imin apakah turut meminta food estate dievaluasi oleh pemerintah yang akan datang saat bertemu Prabowo di Kantor DPP PKB Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024 lalu.

"Selama Pilpres kemarin cukup tajam mengkritisi food estate apakah itu juga disampaikan ke Pak Prabowo kemarin?" tanya wartawan kepada Cak Imin. 

Cak Imin lantas menjawab bahwa dirinya akan mengajak Prabowo untuk membahas lebih jauh terkait keberadaan food estate.

"Kita akan ajak berdebat. Food estate itu memang harus didiskusikan," ujar Cak Imin.

Awak media kembali bertanya tentang kesungguhan Cak Imin untuk memperjuangkan program food estate apakah akan dievaluasi di pemerintahan yang datang atau tidak.

Cak Imin menjawab bahwa semua terkait agenda perubahan akan diperjuangkan di pemerintahan Prabowo Subianto. Menurut dia, semua yang menyangkut masalah lingkungan hidup akan diupayakan untuk diperjuangkan di pemerintahan baru nanti.

"Semua, semua menyangkut salah satu visi perubahan itu. Menjaga lingkungan hidup, itu harus menjadi visi utama," kata dia.

Cak Imin kemudian kembali ditanyakan bagaimana respons Prabowo terkait food estate setelah PKB menyodorkan delapan agenda perubahan dalam pertemuan itu. Dia mengatakan, dalam pertemuan itu, ia dan Prabowo belum detail membahas terkait kelanjutan food estate.

Namun, tiba-tiba Cak Imin berseloroh menyinggung nama Hanif Dhakiri dan posisi menteri di kabinet pemerintahan baru nanti.

"Woahh nggak sedetail itu, nanti kalau pak Hanif jadi menteri baru dibahas," ujar dia.

Selama rangakaian jumpa pers itu, Hanif Dhakiri bersama Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal terlihat mendampingi Cak Imin. 

Kemudian di samping kanannya, ada Menteri Desa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. 

Adapun, Hanif Dhakiri memang sempat menjadi salah satu menteri di kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo dari PKB. Ia sempat dipercaya untuk menduduki kursi Menteri Ketenagakerjaan. 

Hanif juga pernah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga pada Tahun 2019 lalu.

Wartawan kemudian riuh mau memperjelas pernyataan Cak Imin tersebut terkait Hanif Dhakiri dan posisi menteri PKB di pemerintahan Prabowo-Gibran nanti. Namun, ia hanya tertawa dan langsung bergegas meninggalkan lokasi jumpa pers.

Baca Juga: Cak Imin Sebut Penjaringan Bacagub Jatim Dimulai 4 Mei, Ada Khofifah?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya