DPR Buka Masa Sidang Usai Reses Sebulan, 237 Anggota Hadir dan 54 Izin

Ketua DPR Puan Maharani buka rapat paripurna

Jakarta, IDN Times - DPR RI menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2023-2024 hari ini setelah Anggota Dewan menjalani masa reses selama satu bulan lebih.

Rapat Paripurna dihadir langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Adapun Rapat Paripurna dibuka oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. 

Rapat paripurna digelar di gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024). Salah satu agenda rapat paripurna hari ini adalah penyampaian pidato oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Dasco mengatakan dari 575 anggota DPR RI dari seluruh fraksi yang ada RI DPR RI, sebanyak 237 anggota hadir secara fisik dan sebanyak 54 orang anggota memilih izin.

"Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI daftar hadir pada permukaan rapat paripurna DPR hari ini telah ditandatangi oleh hadir 237 orang dan izin 54 orang anggota dari 575 anggota DPR RI dari seluruh fraksi yang ada RI DPR RI," kata dia.

Dalam sambutannya, Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan pada tahun 2024 ini bangsa Indonesia akan menggelar pemilihan umum. Puan mengatakan, pemilu sejatinya bukan hanya upaya perebutan kekuasaan negara secara konstitusional bagi partai politik. 

Lebih jauh, pemilu merupakan kesempatan bagi seluruh rakyat di Indonesia untuk mengangkat harkat dan martabat hidupnya. 

Puan menilai, pemilu adalah jalan untuk memiliki hidup yang lebih lebih sejahtera. Di sisi lain, rakyat juga memiliki kedaulatan untuk menggunakan hak pilihnya. Oleh karena itu, dia berharap Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dengan bebas, rahasia, jujur (luber) dan adil sehingga tidak boleh dimanipulasi.

"Hak rakyat tersebut tidak boleh di halang-halangi, ditekan, dimanipulasi," ujarnya.

Baca Juga: Anggota Komisi III DPR Sebut Pengganti Firli Bahuri Harus Lewat Pansel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya