Golkar: Bila Presidential Club Terwujud, Prabowo Lebih Mudah Bekerja

Prabowo disebut serius bentuk presidential club

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyambut baik wacana pembentukan presidential club sebagaimana yang digagas oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Doli mengatakan, dengan adanya presidential club tersebut maka dapat memudahkan Prabowo Subianto bekerja sebagai presiden terpilih selama lima tahun ke depan.

“Jadi itu bagus kalau itu bisa diwujudkan ya luar biasa. Mungkin Pak Prabowo dan presiden-presiden berikutnya akan lebih mudah bekerjanya," kata Doli dalam keterangannya, dikutip Kamis (8/5/2024).

1. Komunikasi di tingkat elite berjalan baik

Golkar: Bila Presidential Club Terwujud, Prabowo Lebih Mudah BekerjaIDN Times/Istimewa

Dia meyakini dengan adanya presidential club, maka komunikasi di kalangan elite bisa berjalan baik. Terlebih menurut Doli, nantinya dalam presidential club itu yang akan berkumpul merupakan para tokoh bangsa yang sudah memiliki pengalaman dalam memimpin Indonesia.

Menurut dia, keberadaan presidential club tersebut bisa menjadi teladan bagi seluruh generasi bangsa bahwa kerukunan dan sinergitas merupakan satu hal yang dibutuhkan bagi Indonesia.

“Bisa juga jadi teladan buat kita bahwa untuk membangun Indonesia ini ya memang membutuhkan kerukunan soliditas, sinergitas begitu itu yang paling penting,” ujar dia.

Baca Juga: Prabowo Akan Jadi Presiden Pemersatu Bila Presidential Club Terbentuk

2. Gerindra sebut Prabowo serius mau membentuk presidential club

Golkar: Bila Presidential Club Terwujud, Prabowo Lebih Mudah BekerjaWakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburrahman. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Waketum DPP Partai Gerindra, Habiburahman menyampaikan, Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih sangat serius untuk membentuk presidential club.

Habibur mengatakan, ide tersebut bahkan sudah jauh disampaikan Prabowo sebelum terpilih sebagai presiden. Ia masih ingat pada 2014 silam, Prabowo sempat menyampaikan gagasan itu kepada seluruh kader Gerindra. 

"Tentu ini serius sekali, gagasan tersebut sudah disampaikan Pak Prabowo, sering didiskusikan dengan kami, terutama kader-kader Partai Gerindra sejak bertahun-tahun lalu," kata Habibur

Habibur mengatakan, wadah tersebut untuk mengakomodir semua presiden yang pernah menjabat di republik ini. Wadah tersebut bisa menjadi ruang yang tepat untuk berdiskusi bersama para pendahulunya atas berbagai kebijakan pernah diambil di masa silam.

Dia juga menyebut komunikasi Prabowo dengan para presiden terdahulu berjalan sangat baik, termasuk dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri hingga Joko "Jokowi" Widodo.

"Soal komunikasi, terus terang ini sangat baik sekali, baik dengan pihak ibu Megawati dengan pihak pak SBY dengan pihak pak Joko Widodo," kata dia.

3. Presidential club bukan untuk bentuk lembaga baru

Golkar: Bila Presidential Club Terwujud, Prabowo Lebih Mudah BekerjaKonferensi pers Tim Kampanye Nasional terkait dugaan pengancaman terhadap jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Adapun, Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, menegaskan wacana pembentukan presidential club tidak berarti mendirikan lembaga baru.

Menurutnya, Prabowo ingin mempersatukan seluruh Presiden RI yang pernah berkuasa.Menurut dia, salah satu visi utama yang akan diusung oleh Prabowo untuk pemerintahannya yang akan datang adalah keberlanjutan.

"Presidential club yang saya maksud itu bukan mendirikan institusi baru atau Pak Prabowo mendirikan lembaga baru, bukan sama sekali. Jadi, Pak Prabowo sejak awal menyampaikan bahwasanya visi utama itu beliau adalah keberlanjutan," ujar Dahnil. 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya