Haji 2024, Saudi Tambah Jumlah Penerbangan Langsung dari Indonesia

Pada haji 2023 ada lebih dari 3.500 penerbangan dari RI

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan menambah jumlah penerbangan secara langsung dari sejumlah bandara Indonesia ke Arab Saudi, dalam rangka pelaksanaan haji 2024.

Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fauzan Al Rabiah, menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait di Indonesia untuk penambahan jumlah penerbangan ke Arab Saudi.

“Telah dilaksanakan koordinasi dan kerja sama dari instansi yang terkait dengan penerbangan baik Arab Saudi maupun dari Indonesia untuk menambah penerbangan dari beberapa Airport di Indonesia untuk diterima di beberapa Airport di Arab Saudi,” kata Tawfiq usai menggelar pertemuan bilateral di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Tawfiq menjelaskan, penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi pada 2023 mencapai lebih dari 3.500 penerbangan. Itu berarti dalam satu hari tidak kurang 10 penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi.

Menurut Tawfiq, penerbangan paling jauh dan paling aktif di dunia menuju ke Arab Saudi adalah berasal dari Indonesia.

“Perjalnan paling jauh, penerbangan di dunia ini yang paling intensif dan paling aktif adalah dari Indonesia ke Arab Saudi secara langsung,” kata dia.

Lebih lanjut, Tawfiq mengatakan, Kerajaan Arab Saudi berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi Indonesia untuk mengelaurkan visa haji.

Tawfiq mencatat setidaknya sudah ada 1,2 juta jemaah umroh asal Indonesia yang melaksanakan ibadah umrah selama Januari sampai April 2024.

“Kami telah melakukan semua yang memberikan kemudahan untuk proses pembinaan dan kedatangan jemaah umrah Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga: Arab Saudi Siapkan Sanksi Tegas Jemaah Haji Tak Pakai Visa Resmi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya