IKALUIN Award Kembali Digelar, Simak Kriteria Pemenangnya

Ajang apresiasi untuk para alumni

Jakarta, IDN Times - Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Syarif Hidayatullah Jakarta kembalj akan menggelar IKALUIN Award 2024. Pemberian penghargaan ini merupakan yang keduanya kalinya digelar di era kepemimpinan Ace Hasan Syadzily.

Penganugerahan IKALUIN Award 2024 rencananya akan digelar pada Minggu, 26 Mei 2024 di Audiorium Prof. Dr. Harun Nasution, UIN Jakarta. Dalam acara ini juga sekaligus akan dilakukan peresmian Gedung Alumni Center UIN Jakarta oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

IKALUNI Award 2024 akan mengambil tema: "Kiprah Alumni untuk Bangsa". Award digelar sebagai apresiasi dan penghargaan kepada seluruh alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atas gagasan, capaian, dan dedikasi dalam gerakan akademik, sosial, dan kemanusiaan dalam berbagai bidang.

Ketua Panitia Pelaksana IKALUIN Award 2024, Anick HT mengajak semua pihak untuk memberikan rekomendasi kepada para Alumni UIN Jakarta yang dipandang pantas dan layak sebagai penerima penghargaan ini. 

"Kami Panitia Pelaksana IKALUIN Award 2024 mengajak semua pihak untuk berpartisipasi merekomendasikan atau mengusulkan para Alumni UIN Jakarta yang dipandang pantas dan layak sebagai penerima IKALUIN Award 2024," kata Anick HT, di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga: Resmikan Gedung UIN Tulungagung, Menag Jelaskan Polemik Visa Haji

1. Pengajuan kandidat dimulai 7-14 Mei 2024

IKALUIN Award Kembali Digelar, Simak Kriteria PemenangnyaUIN Sunan Ampel Surabaya (facebook.com/UINSA Surabaya)

Anick menjelaskan, pengajuan kandidat dimulai 7-14 Mei 2024. Adapun, prosedur penjaringan usulan penerima IKALUIN Award 2024 ini bisa dibuka dalam tautan di link berikut ini: https://bit.ly/IkaluinAward2024

Selanjutnya, usulan nama-nama kandidat penerima IKALUIN Award ini, akan diseleksi oleh Tim Panel yang bersifat independen, kredibel dan objektif.

2. Kategori pemenang IKALUIN Award 2024

IKALUIN Award Kembali Digelar, Simak Kriteria PemenangnyaUIN Sunan Kalijaga. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dia menjelaskan, ada sembilan kategori pemenang IKALUIN Award. Pertama, Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak. Kedua, Hukum dan HAM. Ketiga, Politik dan Tata Kelola Pemerintahan. 

Keempat, Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. Kelima, Pemberdayaan Masyarakat. Keenam, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim. Ketujuh, Seni dan Budaya. Kedelapan, Young Hero (Anak Muda Berpengaruh). Kesembilan, sejumlah aspek yang dianggap relevan.

Baca Juga: UIN Saizu Purwokerto Raih Akreditasi Unggul

3. Kriteria penerima penghargaan

IKALUIN Award Kembali Digelar, Simak Kriteria PemenangnyaKampus UIN Saizu Purwokerto saat ini telah berstatus sebagai Satuan Kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU). (IDN Times/Foto : Safrudin Aziz)

Selanjutnya, Anick mengatakan, ada beberapa kriteria untuk mendapatkan IKALUIN Award ini, yaitu pertama, IAIN-UIN-ADIA, dari jenjang S1, S2, atau S3, bisa perorangan atau kelembagaan. 

Kedua, telah berkegiatan di bidang yang ditekuni minimal 15 tahun (kecuali kategori 8). Ketiga, Kegiatan yang dilakukan bisa di tingkat akar rumput, daerah, provinsi, nasional, maupun internasional.

Keempat, Terbukti membangun gagasan dan kegiatan yang berdampak besar, unik, bernilai kebaharuan, dan inovatif bagi masyarakat. Kelima, Terbukti mendorong integritas, akuntabilitas, toleransi, dan keberagaman. 

Keenam, Dapat dicalonkan oleh siapapun, baik perorangan, maupun kelembagaan. Ketujuh, Alumni IAIN-UIN-ADIA dapat mencalonkan dirinya sendiri. Kedelapan, pengusul hanya dapat mengusulkan satu kandidat pada setiap kategori.

Baca Juga: UIN Sumut Masuk 10 Besar Pendaftar Jalur SPAN-PTKIN Terbanyak

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya