Kapolri Bakal Evaluasi One Way Tol Cipali-Kalikangkung Malam Ini

Berharap tak ada kemacetan luar biasa

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan mengevaluasi penerapan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dari Tol Cipali hingga Tol Kalikangkung hingga Rabu (19/4/2023) malam ini.

“Kita akan evaluasi sampai nanti malam apakah diteruskan atau kembali ke sistem contraflow,” kata Sigit saat ditemui seusai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2023).

1. One way mau tidak mau harus dilaksanakan

Kapolri Bakal Evaluasi One Way Tol Cipali-Kalikangkung Malam IniKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungi Budi Karya Sumadi meninjau arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di Stasiun Pasar Senen Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Dia mengatakan penerapan one way mau tidak mau memang harus dilakukan untuk menghindari arus kendaraan terjebak di jalan tol.

Arus kendaraan yang bergerak dari arah Cikampek hingga Kalikangkung menjadi prioritas.

Karenanya, rekayasa sistem satu arah mulai diterapkan sejak Selasa (18/4/2023) malam.

“Artinya kepadatan mulai meningkat dari semalam sampai dengan nanti malam,” ujar dia.

Baca Juga: Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali Dilanjutkan

2. Berharap tak ada kemacetan yang luar biasa

Kapolri Bakal Evaluasi One Way Tol Cipali-Kalikangkung Malam IniIlustrasi mudik lewat jalan tol (ANTARA FOTO/Fauzan)

Lebih lanjut, walaupun jumlah kendaraan yang bergerak dari arah barat ke timur sudah mulai padat, Sigit berharap tidak ada lalu lintas yang terjebak sehingga berdampak kepada munculnya kemacetan yang luar biasa.

“Walaupun padat jangan sampai ada lalu lintas yang tersendat yang tentu ini akan berdampak kepada masalah kemacetan,” kata dia.

“Dengan jumlah arus yang besar ini akan berdampak terhadap kemacetan yang luar biasa,” ucap dia.

3. Rekayasa satu arah sempat diperpanjang

Kapolri Bakal Evaluasi One Way Tol Cipali-Kalikangkung Malam IniSejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/tom)

Sebelumnya, Polri memperpanjang skema one way atau satu arah di KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Kalikangkung, Rabu (19/4/2023) hingga pukul 24.00 WIB.

“Penerapan one way dari KM 72 sampai KM 414 yang seharusnya selesai pada 19 April 2023 pukul 12.00 WIB, saat ini kembali diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB,” kata Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah, saat dihubungi.

Nurul menjelaskan, perpanjangan one way diiringi penerapan contra flow dari KM 40 sampai dengan KM 47.

“Hal tersebut berdasarkan hasil traffic counting pada km 50 A yang sudah mencapai rata-rata 5.800 kendaraan/jam,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga: One Way di Tol Cipali-Kalikangkung Diperpanjang hingga 19 April 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya