Kecelakaan Kereta Cicalengka, Airlangga: Jalur Rel Ganda Keniscayaan

Indonesia harus bisa nol kecelakaan, wajib!

Cibinong, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menilai pembangunan jalur ganda rel kereta api di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan. 

Menurut dia, jalur ganda rel kereta sangat dibutuhkan supaya keamanan transportasi perkeretaapian di Indonesia lebih aman.

Hal itu menyikapi kecelakaan maut antara KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jumat (5/1/2024). 

"Kita belum tahu penyebabnya, tetapi rel itu yang jalur rel ganda itu menjadi sebuah keniscayaan yang harus kita lakukan, agar keamanannya lebih baik," kata Airlangga. 

1. Indonesia harus lebih disiplin menjalankan manajemen keselamatan

Kecelakaan Kereta Cicalengka, Airlangga: Jalur Rel Ganda KeniscayaanKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto klaim Jokowi netral meski terciduk makan malam bareng Prabowo jelang debat. (IDN Times/Amir Faisol)

Airlangga juga menyoroti ledakan tungku pabrik smelter di Morowali beberapa waktu lalu. Karena itu, Indonesia memang harus lebih disiplin lagi untuk menerapkan manajemen keselamatan. 

Ia pun telah menggelar rapat koordinasi bersama Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) supaya manajemen keselamatan, keamanan (safety), kesehatan (health) dan lingkungan (enviroment) lebih diutamakan. 

"Artinya, kita harus kembali mengutamakan safety, health, dan environment. SHE itu wajib hukumnya, zero accident (nol kecelakaan) wajib hukumnya," kata dia.

Baca Juga: KNKT Periksa Black Box Kecelakaan Kereta Maut Cicalengka

2. Wapres sebut harusnya peristiwa itu tak terjadi

Kecelakaan Kereta Cicalengka, Airlangga: Jalur Rel Ganda KeniscayaanIDN Times/Debbie Sutrisno

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, buka suara soal tabrakan Kereta Api (KA)Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya.

Ma'ruf mengatakan, peristiwa itu seharusnya tidak boleh terjadi. Sebab, pengaturan jalannya kereta api harus dikelola dengan baik, sehingga penggunaan jalurnya dapat berjalan sesuai ketentuan.

"Kecelakaan itu memang istilahnya, sesuatu kejadian yang tentu tidak diinginkan, tidak mungkin. Tetapi kan ini masalahnya masalah teknis kan, pengaturan kan, pengaturan yang terjadi ada distorsi sehingga terjadi tabrakan itu," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

"Nah itu yang saya kira gak boleh terjadi. Nah itu betul-betul menurut saya fatal. Karena itu ke depan harus betul-betul lebih teliti lah. Ini nyawa manusia dan tentu kerugian-kerugian lainnya," sambungnya.

Ma'ruf meminta pihak berwenang melakukan evaluasi penyebab kecelakaan bisa terjadi.

"Mungkin itu perlu dikoreksi di mana letaknya, apa human error, ya, atau ada pengaturan teknisnya yang di mana letaknya itu. Kalau human error itu harus betul-betul seleksi yang bertanggung jawab mengatur itu," kata dia.

3. Empat orang tewas dalam insiden tersebut

Kecelakaan Kereta Cicalengka, Airlangga: Jalur Rel Ganda KeniscayaanKecelakaan KA Turangga (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, korban meninggal dunia akibat kecelakaan kereta KA 66 Turangga dengan KA lokal yang terjadi di Petak Haurpugur menjadi empat orang. Sebelumnya, korban meninggal dunia akibat peristiwa ini terdapat tiga petugas PT KAI.

"Dua yang meninggal sudah di evakuasi, mereka masinis dan assisten masinis. Dua lainnya masih dalam proses evakuasi, mereka yaitu pramugara dan satu lagi belum diketahui, diduga dari petugas KAI," ungkap Ibrahim.

Baca Juga: Cerita Haru Ardiansyah, Korban Tabrakan Maut Kereta Api Cicalengka 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya