Kemenag Mitigasi Layanan untuk Haji Ramah Lansia 2023

Musim haji 2023 ada 67 ribu jamaah lansia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) mengungkapkan, pada musim haji tahun 2023, ada sebanyak 67.000 jemaah lansia atau sekitar 30 persen dari total kuota jemaah haji Indonesia.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Arsad Hidayat mengatakan, pihaknya terus melakukan mitigasi layanan jemaah lansia.

“Apalagi tidak adanya pendamping jemaah lansia dan penggabungan mahram," kata Arsyad seperti dikutip IDN Times, Minggu (7/5/2023).

Baca Juga: 70 Persen Jemaah Haji Embarkasi Kertajati Berasal dari Desa

1. Kemenag siapkan bidang khusus untuk layani jemaah lansia

Kemenag Mitigasi Layanan untuk Haji Ramah Lansia 2023Ilustrasi jamaah calon haji mengikuti pemeriksaan kesehatan ulang. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe))

Tahun ini, Arsad menjelaskan, Kemenag akan menyiapkan struktur khusus dalam organisasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH).

Dia mengatakan, nanti ada Kepala Bidang Pelayanan Lansia dan Disabilitas, yang akan dibantu kepala seksi di setiap kantor daerah kerja (daker).

“Di setiap sektor wilayah juga disiapkan 10 petugas haji ramah lansia yang siap melayani jemaah setiap saat,” tuturnya.

2. Siapkan buku panduan manasik haji dan umrah ramah lansia

Kemenag Mitigasi Layanan untuk Haji Ramah Lansia 2023Terlihat kerumunan di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain itu, Kementerian Agama juga akan menyiapkan buku panduan manasik haji dan umrah ramah lansia.

Buku ini akan menjadi panduan dalam pelaksanaan manasik jemaah lansia, baik di kantor Kemenag Kabupaten/Kota maupun di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

“Pembimbing ibadah harus dapat menjelaskan beragam kemudahan bagi jemaah lansia dalam beribadah haji. Jelaskan mana yang wajib dan mana yang bisa diwakilkan," kata Arsad.

3. Kemenag dan pihak bandara siapkan fasilitas khusus lansia

Kemenag Mitigasi Layanan untuk Haji Ramah Lansia 2023Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam, memastikan akan memberikan fasilitas khusus bagi jemaah lanjut usia (lansia) yang berangkat melalui Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Fasilitas khusus bagi lansia itu, kata dia, sudah disampaikan ke pihak Bandara Kertajati. Maklum, Bandara Kertajati memiliki akses jalur yang cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

“Tadi sudah saya sampaikan ke pihak bandara sini yang khusus lansia nanti ada kekhususan, apakah nanti kekhususannya tidak masuk di rombongan bis atau nanti ada mobil khusus," ujar dia kepada awak media di lokasi.

"Termasuk nanti mendorongnya dari asrama, apakah pakai mobil khusus atau pakai bus yang sama nanti begitu tiba di sini. Kalau kita cek perjalanan ini kan panjang, nanti saya minta apakah dibopong untuk lansia atau dengan mobil golf atau apa, supaya cepat ke imigrasi dan cepat di ruang tunggu, termasuk nanti boardingnya kita dulukan," lanjut dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya