Luhut Menangis Menantunya Dilantik, Maruli: Dulu Cita-cita Jadi KSAD

Jokowi lantik Maruli Simanjuntak jadi KSAD

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terbang dari Singapura ke Indonesia untuk menyaksikan langsung pengambilan sumpah dan janji menantunya, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Saat memberikan selamat kepada Maruli Simanjuntak yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai KSAD, Luhut dan sang istri Devi Simatupang juga terlihat tidak bisa menahan rasa harunya. Keduanya tampak menangis saat memeluk Maruli Simanjuntak.

Maruli mengatakan, dulu Luhut memang sempat bercita-cita untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Darat. Namun, cita-cita itu belum terwujud hingga akhirnya dirinya yang melanjutkan cita-cita sang mertua.

"Ya jadi kalau kita dibawa keluarga, Pak Luhut dulu juga punya cita-cita jadi Kasad cuma ya sekarang cukup mantunya ajalah," kata Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Rabu (29/11/2023).

Maruli mengatakan, Luhut sangat antusias untuk menyaksikan langsung pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo terhadap Maruli Simanjuntak sebagai KSAD yang baru. 

"Jadi saya mendapat informasi kemarin sore, saya WA beliau saya sudah ditunjuk persiapan hari ini, ya beliau antusias untuk mau hadir," kata Maruli.

Presiden Jokowi resmi melantik Maruli Simanjuntak sebagai KSAD. Posisi KSAD sebelumnya kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto diangkat sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Pengambilan sumpah jabatan dan janji terhadap Letjen TNI Maruli Simanjuntak dilakukan di Istana Negara sekitar pukul 14.00 WIB. 

Adapun pelantikan tersebut digelar berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 /TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit. Kiranya Tuhan menolong saya,” lanjut Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya