Panglima TNI Kaji Pengusulan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Agus Subiyanto menyampaikannya di pemakaman Doni Monardo

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyatakan pihaknya akan mengkaji untuk mengusulkan Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan TNI (purn) Doni Monardo untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional atas dedikasi yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.

Agus mengatakan, pengusulan Doni Monardo sebagai Pahlawan Nasional masih akan dikaji oleh staf personalia.

"Nanti ada itunya ya ada aturannya nanti pasti, di bidang personel nanti kita akan mengusulkan. Nanti ada kriteria yang diatur bidang personel yang mengatur kalau sudah final," kata Agus Subiyanto di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Adapun salah satu kriteria penetapan pahalawan nasional kata dia adalah pita jasa yang dimiliki oleh Doni Monardo dari negara. Untuk itu, pihaknya masih akan mengkaji terkait hal ini.

Sementara itu, keberhasilan Doni Monardo menanggulangi Pandemik COVID-19 juga bisa diperhitungkan untuk penetapan sebagai pahlawan nasional.

Dia mengatakan, biasanya negara akan memberikan penghargaan berupa pita jasa kepada seseorang yang dinilai telah mendeskripsikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

"Sangat bisa kan ada itunya kalau menangani sesuatu untuk bangsa dan negara ada rewardnya seperti pita seperti ini, nanti bidang personel yang akan kaji," tutur dia.

Diketahui, Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada Pukul 17.32 WIB Minggu (3/12/2023) setelah menjalani perawatan intensif sejak 17 September 2023 lalu.

"Telah meninggal dunia Letjen Purn DR HC Doni Monardo pada hari Ahad, 3 Desember 2023," ujar Stafsus Doni Monardo, Egy Massadiah.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya