Panglima TNI Kerahkan Ratusan Prajurit Amankan Lokasi Kebakaran Depo

TNI juga salurkan bantuan kepada korban kebakaran Pertamina

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan pihaknya telah mengerahkan ratusan personelnya, untuk mengamankan sekitar lokasi kebakaran Depo Peramina Pelumpang, Jakarta Utara.

Saat ini, Yudo mengatakan, setidaknya ada 200 anggota TNI yang disiagkan dari Koramil 01.

“Sudah ada personel yang disiagakan di sini sekitar ada 200-an personel yang kemarin dari Koramil,” kata Yudo saat ditemui usai meninjau RW 9, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Senin (6/3/2023).

Yudo memastikan TNI siap membantu pemerintah selama rehabilitasi kawasan pasca-kebakaran dahsyat Depo Pertamina Pelumpang.

Adapun bantuan yang akan diberikan tergantung pada kebutuhan pemerintah, dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Yudo mencontohkan sebagaimana yang telah dilakukan antara TNI dan BPNB dalam menanggulangi bencana gempa bumi bermagnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur pada November 2022.

“Nanti tergantung BNPB seperti di Cianjur, dia minta bantuan kita 450 personel untuk mendirikan rumah, apakah membangun baru atau merenovasi,” katanya.

Sebelumnya, Yudo Margono meninjau langsung lakasi kebakaran Depo Pertamina Pelumpang, Jakarta Utara. Dia melihat langsung rumah-rumah warga yang hancur akibat kebakaran.

Dalam kunjungannya, Yudo ditemani tiga kepala staf, yakni KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali.

Yudo dan kepala staf juga memberikan bantuan dalam bentuan sembako kepada para korban yang mengungsi di PMI.

Diketahui, ledakan hebat terjadi di Depo Pertamina Pelumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) pukul 20.20 WIB. Sedikitnya 19 warga meninggal dunia akibat insiden kebakaran ini dan puluhan lainnya luka-luka serta bangunan rumah warga ludes terbakar.

Baca Juga: Panglima TNI Tinjau Lokasi Kebakaran Depo Pertamina Pelumpang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya