Penyidik KPK Bawa 3 Koper dan 1 Ransel Usai Geledah Gedung Sekjen DPR

Sekjen DPR Indra Iskandar telah ditetapkan sebagai tersangka

Jakarta, IDN Times - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selesai menggeledah Gedung Sekretariat Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Selasa (30/4/2024).

Pantauan IDN Times, penyidik KPK mulai keluar dari Gedung Sekjen DPR RI sekitar pukul 17.50 WIB. Sejumlah penyidik keluar dari gedung Sekjen DPR RI secara bergantian.

Setidaknya, terdapat tiga koper yang dibawa penyidik KPK. Dua koper berwarna merah dan satu lagi berwarna hitam. Selain itu, penyidik juga terlihat membawa satu buah ransel berwarna hitam yang ditumpukkan di atas koper.

Penyidik terlihat menggerek koper tersebut dan dimasukkan ke dalam bagasi mobil yang telah terparkir di depan Gedung Sekjen DPR RI sejak siang hari. Setidaknya, terdapat delapan mobil yang ditumpangi penyidik KPK yang terparkir sejak siang di depan Gedung DPR RI.

Adapun, penggeladahan tersebut telah dibenarkan Juru Bicara KPK, Ali Fikri. Penggeledahan dilakukan terkait kasus dugaan korupsi yang menyeret Sekjen DPR Indra Iskandar.

"Benar ada giat tersebut dalam rangka pengumpulan bukti," ujarnya.

Indra Iskandar telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengadaan perlengkapan di rumah dinas anggota DPR, dengan nilai proyek mencapai Rp120 miliar.

Sudah ada beberapa pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Namun, KPK belum mengungkap kasus ini secara lengkap kepada publik.

Sementara penyidikan ini berjalan, KPK mengajukan pencegahan terhadap sejumlah pihak. Pencegahan ini berlaku enam bulan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, berikut daftar pihak yang dicegah ke luar negeri terkait penyidikan tersebut:

1. Indra Iskandar (Sekjen DPR)
2. Hiphi Hidupati (Kepala Bagian Pengelolaan Rumjab DPR RI)
3. Tanti Nugroho (Dirut PT Daya Indah Dinamika)
4. Juanda Hasurungan Sidabutar (Direktur PT Dwitunggal Bangun Persada)
5. Kibun Roni (Direktur Operasional PT Avantgarde Production)
6. Andrias Catur Prasetya (Project Manager PT Integra Indocabinet)
7. Edwin Budiman (Swasta).

Baca Juga: KPK Geledah Gedung Sekjen DPR, Dijaga Ketat Aparat Kepolisian

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya