PKB Akan Bangun Poros Tandingan, Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Siapa nih yang akan diusung PKB?

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan membentuk poros tandingan untuk melawan Ridwan Kamil pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024 November mendatang.

Sementara ini, nama Ridwan Kamil sudah disiapkan oleh Partai Golkar untuk maju pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB Syaiful Huda mengatakan, partainya memperoleh 15 kursi pada pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Provinsi Jawa Barat. Dengan perolehan ini, PKB hanya membutuhkan 9 kursi tambahan untuk mengusung calon gubernur untuk Pilkada Jawa Barat.

"PKB Jabar memastikan untuk gubernur akan bikin poros di luar kang Ridwan Kamil," ujar Huda saat ditemui usai acara Ta'aruf Politik bersama Gus Imin di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Huda mengatakan, PKB sudah sepakat untuk mengusung calon gubernur. Saat ini, PKB juga telah menyiapkan dua kader di internal partainya.

Keduanya adalah Wasekjen DPP PKB Syaiful Huda dan Ketua DPP PKB Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Cucun Ahmad Syamsurijal.

"Prinsipnya InsyaAllah sudah ada kesepakatan PKB akan mengusung calon gubernur," ujar dia.

Sementara itu, untuk posisi wakil gubernur, Huda mengatakan, PKB masih akan menyerahkan kepada partai politik yang nanti akan berkoalisi. Kendati, ia belum mau membocorkan partai mana saja yang sudah didekati oleh PKB untuk menatap Pilkada Jawa Barat 2024 November mendatang.

"Wakil gubernurnya akan kita serahkan pada partai koalisi yang nanti memastikan bergabung dengan PKB. Karena yg butuh 1 tambahan partai koalisi," tutur dia.

Baca Juga: PKB Mulai Godok Bakal Calon Gubernur Jatim, Buka Peluang Berkoalisi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya