PKB Bentuk Poros Tandingan Lawan Khofifah di Pilgub Jatim 2024

PKB pemenang Pileg DPRD Jawa Timur

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan akan membentuk poros tandingan untuk melawan Khofifah Indar Parawansa pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB, Syaiful Huda, menjelaskan, PKB merupakan pemenang Pileg DPRD Provinsi Jawa Timur dengan perolehan kursi mencapai 27 kursi.

Dengan begitu, PKB bisa mengusung calon gubernur tanpa harus berkoalisi. Namun, PKB masih membuka peluang untuk menjajaki koalisi dengan partai politik lain untuk menatap Pilkada Jawa Timur 2024 November nanti.

"Sementara ini ya. Jadi kira-kira perspektifnya sama, Jawa Timur kita akan bikin poros di luar Mbak Khofifah," kata Syaiful Huda saat ditemui sesuai acara Ta'aruf Politik bersama Gus Imin di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Huda mengatakan, PKB sudah mengantongi sosok yang akan diusung maju pada Pilkada Jawa Timur. Namun, ia masih merahasiakannya. Meski begitu, kata dia, calon yang akan diusung bisa dari kalangan perempuan untuk menandingi Khofifah.

"Sosoknya sih sudah ada sebenarnya, ketum kan sudah bilang tuh, ya, tunggu saja. Bisa perempuan, biar sama-sama perempuan, ya, bisa laki-laki supaya antara laki-laki dan perempuan. Mbak Khofifah perempuan, kita laki-laki calon gubernur," kata dia.

Sejauh ini, Khofifah Indar Parawansa sudah dipastikan akan kembali maju pada Pilkada Jawa Timur 2024. Ia juga sudah mendapatkan dukungan dari beberapa partai politik, seperti PAN dan Demokrat. Bahkan PDIP juga membuka peluang untuk merapat ke PAN untuk mengusung Khofifah.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: PKB Akan Bangun Poros Tandingan, Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya