PKS Beri Sinyal Kembali Usung Anies Maju di Pilgub Jakarta 2024

PKS masih kaji nama-nama untuk Pilgub Jakarta

Jakarta, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan sinyal untuk kembali mengusung Anies Baswedan untuk maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 pada November mendatang. 

Ketua DPW PKS Jakarta, Khoiruddin mengatakan, PKS saat ini masih mencari figur yang pantas untuk diusung pada pilkada nanti dengan syarat bisa menjalankan cita-cita PKS dalam bernegara yang sudah termuat dalam platform partainya. 

Adapun, figur-figur yang berpotensi diusung PKS untuk Pilkada Jakarta itu bisa berasal dari berbagai latar belakang, termasuk dari militer atau bahkan Anies Baswedan sebagai Mantan Gubernur Jakarta. 

"Kita, PKS Jakarta sedang mencari figur untuk Gubernur Jakarta asalkan syaratnya dapat melaksanakan cita-cita PKS dalam bernegara yang sudah termuat dalam platform, bisa sipil bisa militer, bisa Anies juga, bisa kader PKS," kata Khoiruddin saat dihubungi, Senin (6/5/2024).

"Anies kan pernah jadi gubernur yang kita usung sebagai gubernur DKI Jakarta 2017-2022," imbuh dia.

1. PKS kaji nama-nama yang akan diusung untuk Pilgub Jakarta

PKS Beri Sinyal Kembali Usung Anies Maju di Pilgub Jakarta 2024(IDN Times/Amir Faisol)

Menurut dia, sejumlah nama saat ini masih dicermati dengan baik, mana yang bisa mendapatkan penerimaan dari masyarakat Jakarta untuk mewujudkan kemaslahatan bersama.

"Masih dalam penelaahan, masih dikaji mana yang terbaik yang mendapatkan penerimaan masyarakat Jakarta untuk mewujudkan kemaslahatan bersama," kata dia.

Baca Juga: Ini Syarat Parpol yang Mau Usung Cagub di Pilkada DKI Jakarta

2. Surya Paloh buka peluang NasDem usung Anies di Pilgub Jakarta

PKS Beri Sinyal Kembali Usung Anies Maju di Pilgub Jakarta 2024Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk mencalonkan Mantan Gubernur Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 November mendatang.

"Ya probability ke arah itu masih ada saja, kita perlu pengkajian," ujarnya

Meski begitu, Paloh menyampaikan, NasDem masih menggodok nama-nama yang akan dicalonkan. Menurut dia, belum ada kepastian siapa yang akan diusung untuk pilkada nanti.

"Pilkada DKI memang kita lihat nanti, jangan asal bicara dulu," katanya. 

Baca Juga: Anies-Cak Imin Terbang Bareng ke Aceh Usai Pilpres 2024, Ada Apa?

3. Tiga nama masuk bursa Bacagub Jakarta dari NasDem

PKS Beri Sinyal Kembali Usung Anies Maju di Pilgub Jakarta 2024Ketua DPP NasDem, Willy Aditya saat ditemui di Kantor NasDem, Jakarta Pusat (15/4/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

NasDem sendiri sudah menginventarisasi sejumlah nama untuk masuk dalam bursa calon gubernur. Khusus untuk Pilkada DKI Jakarta 2024, NasDem memunculkan tiga nama.

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya menuturkan, bacagub Jakarta sejauh ini mengerucut pada tiga nama. Adapun, ketiga nama tersebut antara lain Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni; Ketua DPW NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino; dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

"Kalau di sini namanya mengerucut ya pasti lah Ahmad Sahroni, pasti lah Wibi Andrino, ya, bisa jadi Anies Baswedan sendiri," kata Willy.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya