PKS Godog Nama-Nama yang Akan Diusung di Pilgub DKI, Ada Anies-Mardani

PKS terbuka untuk usung calon dari eksternal partai

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang menjadi pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 untuk DPRD DKI Jakarta, mulai mengungkap nama-nama yang akan diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024, pada November mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Khoirudin menyampaikan, sejumlah nama mulai dilirik untuk diusung maju pada Pilgub DKI, mulai dari kader internal partai hingga di eksternal.

Adapun nama-nama yang berasal dari pihak eksternal, mulai dari Anies Baswedan hingga mantan Kapolda. Kendati, ia masih merahasiakan siapa nama mantan Kapolda yang akan diusung PKS.

“Di eksternal ada nama Pak Anies Baswedan, kemudian ada juga nama dari kepolisian, mantan Kapolda juga ada,” ujar dia kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: Gerindra Siapkan Kader Internal Maju Pilgub DKI 2024

1. Bakal cagub dari PKS tak harus kader partai

PKS Godog Nama-Nama yang Akan Diusung di Pilgub DKI, Ada Anies-MardaniCapres nomor urut satu, Anies Baswedan menanggapi ajakan Prabowo Subianto ke Surya Paloh untuk bergabung ke dalam kabinet pemerintahannya. (IDN Times/Amir Faisol).

Menurut dia, PKS sangat membuka diri terhadap siapa pun yang akan maju sebagai calon gubernur Jakarta pada November nanti.

Calon yang akan diusung oleh PKS, lanjut Khoirudin, tidak akan terbatas hanya dari kalangan internal partai selagi memiliki kapasitas untuk memimpin Jakarta.

Terlebih, Jakarta akan dicanangkan menjadi kota global dan pusat perekonomian Indonesia usai tak lagi menjadi ibu kota negara, sehingga calon pemimpin yang akan datang harus benar-benar memiliki kualifikasi tinggi.

“Selagi dia mampu silakan jadi Gubernur DKI Jakarta. (PKS) terbuka untuk semuanya,” ujar dia.

2. PKS mulai godok nama-nama dari internal

PKS Godog Nama-Nama yang Akan Diusung di Pilgub DKI, Ada Anies-MardaniKetua DPP PKS Mardani Ali Sera buka suara usai AMIN keok di Jakarta meski PKS juara. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, pihaknya juga mulai menggodok sejumlah nama yang berasal dari kalangan internal partai.

Adapun kader yang berpotensi diusung pada Pilgub DKI 2024 mendatang, seperti mantan Presiden PKS Shohibul Iman dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Khoirudin tak menampik namanya masuk ke dalam bursa bakal calon gubernur dari internal PKS. Kendati, ia masih ingin fokus di legislatif.

Terlebih, namanya juga digadang-gadang akan ditugaskan sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta untuk periode 2024-2029.

“Kalau orang-orang yang dari kader kita ada Pak Mardani Ali Sera, kemudian ada Shohibul Iman, kemudian nama saya juga ada di survei namun saya fokus di legislatif,” tuturnya.

3. Anies direstui Surya Paloh maju di Pilgub DKI 2024

PKS Godog Nama-Nama yang Akan Diusung di Pilgub DKI, Ada Anies-MardaniCapres nomor urut satu, Anie Baswedan menegaskan tak menerima tawaran untuk gabung koalisi besar. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga telah merestui Anies Baswedan untuk kembali maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Partai NasDem juga sudah menggodok sejumlah nama untuk diusung pada Pilkada DKI Jakarta. Setidaknya ada tiga nama, mulai dari mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni, dan Ketua DPW NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino.

Menurut dia, Surya Paloh secara khusus sudah membicarakan dan mempersilakan Anies jika ingin kembali maju pada Pilkada Jakarta 2024.

"Komunikasi sudah. Kita cek ombak sama Mas Anies, Mas Anies 18 Maret itu Pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu gak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju pilkada monggo NasDem siap, ya kan," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya