Polda Metro Jaya Sterilkan Jalur KCIC dari Gangguan Keamanan

Polda Metro Jaya inventarisasi lokasi rawan gangguan

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, mengecek jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Halim Perdanakusuma, tepatnya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur.

Karyoto mengatakan pengecekan ini untuk memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan yang timbul, saat pengoperasian perihal kecepatan sebenarnya dari kereta yang dibangun PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu.

“Memastikan bahwa apabila kereta dicoba mendekati kecepatan yang sebenarnya, maka dibutuhkan keamanan dalam pengoperasiannya,” ujar Karyoto kepada wartawan, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga: KCIC Buka Lowongan Kerja Penerjemah Bahasa Mandarin, Buruan Daftar!

1. Segala bentuk gangguan harus ditiadakan

Polda Metro Jaya Sterilkan Jalur KCIC dari Gangguan KeamananKapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (IDN Times/Amir Faisol)

Karyoto juga meminta supaya pada saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah beroperasi, segala bentuk gangguan harus ditiadakan. Termasuk, di jalur terbuka yang dekat dengan permukiman warga.

Karena itu, menurut Karyoto, perlu sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat sekitar yang ada di dekat jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Segala bentuk potensi gangguan harus ditiadakan, seperti jalur yang terbuka yang dekat dengan permukiman perlu sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat yang dekat dengan jalur KA cepat ini,” ucapnya.

2. Minta lokasi yang berpotensi gangguan diinventarisasi

Polda Metro Jaya Sterilkan Jalur KCIC dari Gangguan KeamananKapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, mantan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu juga meminta supaya jajaran Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat, melalukan inventarisasi lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi gangguan sebagai dampak pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Menurut Karyoto, inventarisasi ini untuk meniadakan potensi gangguan yang akan dialami masyarakat sekitar.

“Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat harus menginventarisir tempat-tempat yang di perkirakan rawan. Sehingga perlu sosialisasi dan dilakukan pengamanan secara terbuka untuk memastikan meniadakan potensi gangguan,” ucapnya.

Baca Juga: Besi Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung Dicuri, KCIC Buka Suara 

3. KCIC bakal operasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Agustus 2023 dan jadi kado HUT RI

Polda Metro Jaya Sterilkan Jalur KCIC dari Gangguan KeamananUji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Diketahui, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal beroperasi secara komersial pada Agustus 2023, mundur sebulan dari rencana awal yang diperkirakan akan beroperasi pada Juli 2023.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan kereta cepat akan dioperasikan pada Agustus sebagai kado HUT ke-78 Republik Indonesia.

"Proyek ini akan memasuki periode pengujian terintegrasi yang dilanjutkan dengan uji coba operasi, hingga akhirnya pengoperasian secara komersial sebagai kado terindah bagi HUT Ke-78 Republik ini di Austus nanti," kata Luhut.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya