Puan Dinilai Kuat Gantikan Megawati di PDIP

CV Puan Maharani sudah cukup

Jakarta, IDN Times - Peneliti Utama Polling Institute Kennedy Muslim menilai adanya sinyal kuat transisi estafet kepemimpinan PDIP dari Megawati Soekanoputri ke Puan Maharani.

Hal itu disampaikan Kennedy Muslim menanggapi seloroh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait kelanjutan tongkat estafet kepemimpinannya di masa mendatang.

Kennedy menilai, dalam beberapa tahun terakhir ini, Puan memang telah menunjukkan kematangannya dalam berpolitik. Hal itu telah ditunjukkan adanya keluwesan komunikasi Puan Maharani dengan pihak eksternal, sebagaimana mendiang ayahnya, Taufik Kiemas.

Selain itu, Puan juga telah dinilai memiliki portofolio yang cukup karena sudah pernah memiliki jabatan politik baik di legislatif maupun eksekutif.

“CV politiknya (Puan Maharani) lengkap di ekekutif maupun legislati,” ujar Kennedy Muslim saat dihubungi IDN Times, Jumat (24/5/2024).

Menurut dia, prestasi PDIP yang hatrick dalam tiga kali pemilihan legislatif (Pileg) tak terlepas dari andil kepemimpinan Puan Maharani di partai berlambang banteng itu.

“Jangan lupa prestasi PDIP hat-trick selama 3 pileg terakhir juga merupakan andil dari kepemimpinan Puan di PDIP,” ujarnya.

1. Seloroh Megawati jadi sinyal posisi PDIP di pemerintahan Prabowo-Gibran?

Puan Dinilai Kuat Gantikan Megawati di PDIPKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Fauzan)

Kendati demikian, menurut Kennedy ada hal menarik yang perlu dicermati dari seloroh Megawati tersebut. Hal itu terkait posisi PDIP di pemerintahan Prabowo-Gibran lima tahun mendatang.

Menurut dia, sikap Megawati itu juga dapat dicurigai apakah nantinya PDIP akan mengambil posisi rekonsiliatif dan pragmatis dengan bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran sebagaimana sinyal kuat yang belakangan ditunjukkan oleh kubu Puan Maharani setelah Pilpres 2024 lalu.

“Ini tentu akan menjadi game changer konstelasi politik ke depan,” ujar dia.

Baca Juga: Seloroh Megawati ke Puan: Gantian Saya Ketua DPR, Kamu Ketua Umum

2. Kode keras Kongres PDIP bakal ada regenerasi

Puan Dinilai Kuat Gantikan Megawati di PDIPKetua DPR RI Puan Maharani (tengah) saat menjawab pertanyaan awak media usai memimpin rapat paripurna. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam menilai pernyataan Megawati tersebut dapat diartikan sebagai sinyal kuat terjadinya regenerasi pada Kongres PDIP mendatang.

Di sisi lain, dia menilai pernyataan Mega tersebut bisa diartikan sebagai kode keras bagi struktur kepartaian PDIP untuk mulai mengkonsolidasikan kekuatannya mendukung Puan sebagai penerus Megawati di masa mendatang.

“Langkah itu wajar, mengingat Puan bukan hanya anak biologis, tetapi juga anak ideologis Megawati, yang tidak akan mungkin mengkhianati agenda perjuangan Ibunya sendiri,” kata dia.

3. Seloroh Megawati untuk Puan Maharani singgung jadi Ketum PDIP

Puan Dinilai Kuat Gantikan Megawati di PDIPKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Fauzan)

Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri menyebut sejumlah nama termasuk Puan Maharani saat membuka Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta Utara.

Saat membuka pidatonya, Megawati turut memuji Puan Maharani yang banyak melakukan kunjungan kerja untuk tugas kenegaraan ke luar negeri.

"Mba Puan sebagai ketua DPR keluar negeri terus, itu kerja loh, bukan jadi turis," ujar Megawati.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya