Siap Maju Pilkada Banten 2024, Airin Ingin Bentuk Koalisi Besar

Airin daftar ke PKB, PAN, NasDem, dan PDIP

Intinya Sih...

  • Airin mendaftar ke PKB, PAN, NasDem, dan PDIP untuk maju pada Pilkada Banten 2024 setelah mendapat restu dari Golkar.
  • Airin ditugaskan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk membangun koalisi dengan partai lain di luar Golkar.

Jakarta, IDN Times - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany resmi mendaftar ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024. Selain mendapatkan restu dari Golkar, Airin juga mendaftar ke PKB, PAN, NasDem, dan PDIP. 

Hal tersebut disampaikan Airin Rachmi Diany usai ditemui dalam acara Ta'aruf Politik bersama Gus Imin di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

"Kemarin ada pendaftaran dari PAN dan juga dari NasDem, kemarin sudah ada mengambil formulir, insyaallah dalam waktu dekat mengembalikan formulir barengan dengan PDIP," kata Airin.

Meski begitu, Airin menyampaikan, Golkar sebetulnya merupakan partai yang cukup kuat di Banten. Terlebih pada Pileg DPRD Provinsi Banten 2024, Golkar memperoleh sebanyak 14 kursi. 

Sementara, syarat untuk maju Pilkada Banten 2024 harus mencapai 20 kursi. Oleh sebab itu, dia masih melakukan proses penjajakan dengan sejumlah partai politik untuk mendapatkan tiket dukungan terhadap dirinya.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa dirinya berkeinginan untuk membentuk koalisi besar untuk menatap Pilkada Banten 2024 nanti.

"Bukan besar kecilnya, tapi kebersamaan," ujar dia.

Baca Juga: Airin dan Zaki Iskandar Daftar ke PKB untuk Maju Pilkada 2024

1. Diminta Airlangga bangun koalisi

Siap Maju Pilkada Banten 2024, Airin Ingin Bentuk Koalisi BesarMantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany resmi daftar ke PKB untuk Pilkada Banten 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Airin mengatakan, majunya dia pada Pilkada Banten 2024 nanti merupakan penugasan langsung dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Selain itu, Airin mengaku juga ditugaskan untuk membangun koalisi dengan partai-partai politik lain di luar Golkar untuk menatap Pilkada Banten 2024.

"Kemarin pun dalam surat tugas bukan hanya untuk maju pilkada tapi juga untuk membangun koalisi, silaturahmi, dengan partai-partai yang ada di provinsi kabupaten/kota masing-masing," kata dia.

Baca Juga: Serahkan Formulir Pendaftaran Cagub, Airin Ingin Gandeng PDIP

2. Airin dititipi Cak Imin delapan agenda perubahan

Siap Maju Pilkada Banten 2024, Airin Ingin Bentuk Koalisi BesarKetua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin buka pendaftaran bakal calon kepala daerah. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih jauh, Airin mengaku mendapatkan titipan dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Salah satu pesan yang dititipkan adalah bagaimana pembangunan yang akan dijalankan bisa berkelanjutan, baik dalam hal persoalan lingkungan hidup maupun pemerataan pembangunan di bidang ekonomi.

Selain itu, ke depan Airin juga dititipkan agar membuka seluas-luasnya lapangan pekerja untuk anak-anak muda dalam rangka menghadapi bonus demografi menuju Indonesia Emas 2030-20245.

"Betul-betul yang pasti kurang lebih kesimpulannya adalah bagaimana pembangunan menjadi proses pembangunan yang berkelanjutan," kata dia.

Baca Juga: PKB Tahu Diri, Jatah Menteri Diserahkan ke Prabowo

3. Delapan agenda perubahan dititipkan ke bakal calon kepala daerah

Siap Maju Pilkada Banten 2024, Airin Ingin Bentuk Koalisi BesarWasekjen DPP PKB Syaiful Huda sebut partainya belum membahas rencana revisi UU MD3. (IDN Times/Amir Faisol)

Wasekjen DPP PKB, Syaiful Huda, menyampaikan, Muhaimin Iskandar telah menitipkan delapan agenda perubahan kepada seluruh bakal calon kepala daerah yang maju dari PKB. 

PKB berkeinginan supaya agenda perubahan tersebut tidak hanya berhenti di tingkat pemerintah pusat, tapi juga mengakar ke daerah-daerah di Indonesia.

"Delapan agenda perubahan itu tadi disampaikan ke bacakada yang diusung PKB supaya 8 agenda perubahan itu tidak berhenti di level pusat tapi merembes ke kabupaten/kota," ucapnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: PKB Akan Bangun Poros Tandingan, Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya