Siapkan Figur Cagub, PKB Pastikan Ada Kejutan Besar di Pilkada DKI 2024

PKB mulai inventarisir nama-nama bakal cagub

Intinya Sih...

  • PKB sedang menginventarisir nama-nama bakal cagub DKI 2024
  • Ada 35 figur yang telah dilirik PKB untuk diusung di Pilkada Serentak 2024
  •  

Jakarta, IDN Times - Wasekjen PKB, Syaiful Huda mengatakan akan ada kejutan besar terkait sosok bakal calon gubernur yang akan diusung oleh partainya di Pilkada DKI 2024. 

Huda mengatakan, PKB masih menggodok sejumlah nama yang akan diusung untuk bakal cagub DKI 2024. Karena itu, ia memastikan dalam waktu tiga bulan ke depan akan ada kejutan besar dari PKB untuk Pilkada DKI 2024.

PKB, kata Huda, memang memiliki ambisi besar untuk memenangkan Pilkada Serentak 2034 di wilayah Jawa, baik Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI, dan Banten. 

"Jadi tiga bulan ini akan ada kejutan-kejutan terkait Pilkada DKI itu tunggu kejutan dari PKB siapa sosoknya," kata Huda, saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Terlebih, menurutnya, PKB pada Pileg 2024, berhasil mendulang suara yang cukup signifikan untuk kursi DPRD DKI Jakarta. Oleh sebab itu, PKB memastikan akan melanjutkan kepercayaan masyarakat Jakarta pada Pilkada DKI 2024.

"Ya cukup signifikan untuk DPRD DKI Jakarta, jadi relatif kepercayaan publik ini akan kami lanjutkan lagi dalam rangka untuk perubahan di DKI," ujar dia.

Baca Juga: PKB Belum Bersikap di Pilkada DKI, Koalisi dengan PKS-NasDem Jadi Opsi

1. PKB mulai inventarisir sejumlah nama untuk Pilkada Serentak 2024

Siapkan Figur Cagub, PKB Pastikan Ada Kejutan Besar di Pilkada DKI 2024Wasekjen PKB, Syaiful Huda menyebut partainya belum putuskan untuk melanjutkan poros perubahan di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Tak hanya di DKI, Huda memastikan bahwa pada Pilkada Serentak 2024 nanti akan ada banyak kejutan yang disiapkan oleh PKB terkait sosok yang akan diusungnya.

PKB sedang melakukan inventarisasi sejumlah figur untuk diusung di Pilkada Serentak 2024. Setidaknya, dia mengatakan, ada 35 figur yang telah dilirik PKB untuk diusung di Pilkada Serentak nanti.

Kendati demikian, ia belum mau membocorkan apakah nama-nama tersebut berasal dari eksternal atau internal partai.

"PKB sedang nge-list beberapa figur yang kami sudah menemukan hampir sekitar 35 figur yang sudah kami list," ucapnya.

Baca Juga: PKS Siap Lanjutkan Koalisi Bareng NasDem-PKB pada Pilkada DKI 2024

2. PKB belum tentukan sikap untuk Pilkada DKI

Siapkan Figur Cagub, PKB Pastikan Ada Kejutan Besar di Pilkada DKI 2024Wasekjen PKB, Syaiful Huda menyebut partainya belum putuskan untuk melanjutkan poros perubahan di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Mengenai koalisi, Huda mengatakan, PKB belum menentukan sikap untuk melanjutkan berkoalisi bersama dua partai politik (parpol) NasDem dan PKS.

PKB baru akan menentukan sikap setelah proses penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) 2024 selesai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 20 Maret 2024. 

"Jadi sikap terbuka kami menyangkut soal kemungkinan kita membangun poros melanjutkan poros dari pilpres," kata dia.

Sekaligus, dia menambahkan, pihaknya akan mengambil sikap untuk memproses hukum atas berbagai sejumlah indikasi kecurangan pemilu yang dialami oleh PKB stelah 20 Maret 2024 nanti.

"Kita akan nanti secara terbuka dan secara pasti akan kita sampaikan paska 20 Maret, setelah KPU sudah memastikan siapa yang terpilih sebagai calon presiden dan wakil presiden," tuturnya.

3. PKS dan NasDem tetap jadi opsi bagi PKB

Siapkan Figur Cagub, PKB Pastikan Ada Kejutan Besar di Pilkada DKI 2024Wasekjen PKB, Syaiful Huda menyebut partainya belum putuskan untuk melanjutkan poros perubahan di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Meski begitu, PKB tetap membuka peluang untuk melanjutkan poros perubahan bersama PKS dan NasDem di Pilkada DKI 2024 nanti. Sebab, tiga partai yang sebelumnya bergabung dalam Koalisi Perubahan ini, kata dia, telah memiliki kedekatan yang cukup kuat.

"Kami sudah punya chemistry yang cukup baik selama pilpres ini, di dalam agenda Pilkada Serentak 2024 koalisi yang terbangun dari PKB PKS dan NasDem akan menjadi bagian salah satu opsi dalam rangka mengusung beberapa calon di daerah-daerah di seluruh Indonesia," ucapnya.

Meski begitu, Huda mengungkapkan, komunikasi dengan sejumlah partai politik di luar Koalisi Perubahan untuk Pilkada Serentak 2024 nanti tetap dilakukan. Yang terpenting, kata dia, semangat koalisi yang akan dibangun adalah semangat perubahan.

"Kami tetap membuka komunikasi dengan parpol lain di luar koalisi perubahan tentu semangatnya kita letakkan pada semangat perubahan," ucapnya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya